Edukasi Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Dengan Media Permainan Ular Tangga Pada Anak Sekolah Di SDN Donomulyo Kabupaten Malang
DOI:
https://doi.org/10.30867/geulayang.v1i3.1011Kata Kunci:
Mitigasi Bencana, Anak Sekolah, Gempa BumiAbstrak
Indonesia merupakan salah satu negara yang rawan akan bencana. Banyak jenis bencana yang dapat terjadi, salah satunya ialah gempa bumi. Dampak bencana pun tidak terelakkan, mulai dari kerusakan bangunan, rumah, fasilitas pelayanan dasar, sekolah dan juga kesehatan. Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang merupakan salah satu daerah rawan bencana, yaitu gempa bumi. Daerah ini menjadi satu area dengan Laut Malang Selatan yang apabila terjadi gempa dapat mengakibatkan tsunami. Penyebab gempa bumi dapat berupa dinamika bumi (tektonik), aktivitas gunungapi, akibat meteor jatuh, longsoran (di bawah muka air laut), ledakan bom nuklir dibawah permukaan. Gempa bumi tektonik merupakan gempa bumi yang paling umum terjadi merupakan getaran yang dihasilkan dari peristiwa pematahan batuan akibat benturan dua lempeng secara perlahan-lahan itu yang akumulasi energi benturan tersebut melampaui kekuatan batuan, maka batuan di bawah permukaan. Mitigasi atau upaya meminimalkan resiko yang ditimbulkan dari bencana gempa bumi dan tsunami meliputi beberapa hal, yaitu memprediksi gempa bumi, tindakan sebelum kejadian, tindakan saat kejadian dan tindakan setelah kejadian. Bencana alam juga menimbulkan korban jiwa pada berbagai kelompok usia. Masih rendahnya tingkat pengetahuan, kesiapsiagaan masyarakat khususnya kelompok usia anak menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman dan pengetahuan yang harus dilakukan oleh anak-anak baik dari sebelum, saat, maupun setelah adanya bencana. Pengetahuan anak-anak mengenai mitigasi bencana sangat minim terutama anak-anak yang berada di wilayah desa. Anak sebagai kelompok rentan bencana perlu diberikan sosialisasi berupa edukasi tentang bencana gempa bumi dan kebakaran yang umumnya terjadi.Bermain sambil belajar merupakan metode terbaik dalam mengedukasi anak-anak, Apalagi dengan sarana permainan tradisional yang dimana anak-anak jarang menemukannya. Ular tangga kebencanaan merupakan permainan tradisional yang bagus untuk melatih kreatifitas anak dan juga mengenalkan kepada mereka tentang kebencanaan. Media edukasi ular tangga telah disesuaikan dengan bencana yang kerap terjadi. Permainan ular tangga turut membuat penyampaian edukasi lebih menarik karena siswa bisa bermain sambil belajar. Solusi yang ditawarkan edukasi dan media permainan ular tangga tentang kesiapsiagaan bencana pada anak sekolah. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membangun sikap tanggap bencana alam sejak dini dengan membekali ilmu pengetahuan sebagai salah satu bentuk pencegahan risiko korban terutama korban anak-anak.
Referensi
Gerungan, Wulan Mahardhika. (2020). Penanggulangan Bencana Pada Tahap Pascabencana Menurut Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana. Lex Et Societatis, 7(9), 79–87.
Usmawati, D., & Setyaningrum, N. (2020). Pengaruh Pendidikan Bencana Gempa Bumi Dan Tsunami Terhadap Kesiapsiagaan Emergency Planning Siswa Di Sdn Jigudan Pandak Bantul Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 11(2), 1–6. https://doi.org/10.54630/jk2.v11i2.119
Cahyo, F. D., Ihsan, F., Roulita, R., Wijayanti, N., & Mirwanti, R. (2023). Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Dalam Keperawatan: Tinjauan Penelitian. JPP (Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang), 18(1), 87–94. https://doi.org/10.36086/jpp.v18i1.1525
Sari, D. P., & Suciana, F. (2019). Pengaruh Edukasi Audio Visual Dan Role Play Terhadap Perilaku Siaga Bencana Pada Anak Sekolah Dasar. Journal of Holistic Nursing Science, 6(2), 44–51. https://doi.org/10.31603/nursing.v6i2.2543
Arie Lestari, S., Islaeli, I., Islamiah, I., Purnamasari, A., & Ode Aisa Zoahira, W. (2022). Efektivitas Simulasi Bencana Terhadap Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Pada Siswa SMPN 1 Soropia di Wilayah Pesisir Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe The Effectiveness Of Disaster Simulation On Disaster Preparadness For Students Of SMPN 1 SOR. Jurnal Surya Medika, 8(3), 258–262. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/jsm
Christine, Fellysca V. M. Politon, E. (2021). Pengetahuan dan Sikap Guru Tentang Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Di Daerah Rawan Tsunami Kota Palu Teachers ’ Knowledge and Attitudes About The Mitigation of Earthquake and Tsunami Prone Areas of Tsunami In Palu City Puskesmas Christine *, Felly. Jurnal Ilmu Kesehatan, 15(1), 42–47.
Dewi, R. S., & Anggarasari, N. hudha. (2020). Mitigasi Bencana Pada Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 68–77. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.438
Ernawati, R., Dirdjo, M. M., & Wahyuni, M. (2021). Peningkatan Pengetahuan Siswa Terhadap Mitigasi Bencana di SD Muhammadiyah 4 Samarinda. Journal of Community Engagement in Health, 4(2), 393–399.
Ferianto, K., & Hidayati, U. N. (2019). Efektifitas Pelatihan Penanggulangan Bencana Dengan Metode Simulasi Terhadap Perilaku Kesiapsiagaan Bencana Banjir Pada Siswa Sman 2 Tuban. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 5(2). https://doi.org/10.36053/mesencephalon.v5i2.110
Hadi, H., Agustina, S., & Subhani, A. (2019). Penguatan Kesiapsiagaan Stakeholder dalam Pengurangan Risiko Bencana Alam Gempabumi. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 3(1), 30. https://doi.org/10.29408/geodika.v3i1.1476
Hayudityas, B. (2020). Pentingnya Penerapan pendidikan Mitigasi Bencana di Sekolah untuk Mengetahui Kesiapsiagaan Peserta Didik. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 94– 102.
Hidayat, M. T., Puspasari, A., & ... (2023). Workshop Mitigasi Bencana dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan, Tingkat Persepsi Risiko dan Kesiapan Individu dan Sekolah Terhadap Bencana. Welfare:1(1), 15–24 https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/Welfare/article/view/335%0Ahttps://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/Welfare/article/download/335/256
Husna, C., Hafni, M., Fithria, & Jannah, S. (2019). Efektivitas edukasi mitigasi bencana terhadap kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami pada keluarga pasien di rumah sakit. Idea Nursing Journal, 10(1), 21–26. http://202.4.186.66/INJ/article/view/14174/12186
Kementerian Pemerdayaan Perempuan Dan Perlindngan Anak (KPPPA) dan Badan Pusat Statistik (2019) Profil Anak Indonesia Tahun 2019. Retrieved from: https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/15242-profil-anak-indonesia_- 2019.pdf
Kusman, D. N., Sari, D. Y., & ... (2023). Keterlibatan Orang Tua Dalam Memberikan PengetahuanGempa Bumi Pada Anak Melalui Aplikasi BabyBus. … : Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 57–70.https://www.jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/awlady/article/view/14205%0Ahttps://www.jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/awlady/article/viewFile/14205/5451
Ningsih, D. P. S., Rahmawati, I., Aprianti, R., Wulan, S., Giena, V. P., & Elvira, Y. (2022). Penyuluhan tentang Gempa Bumi dengan Media Leaflet pada Masyarakat di Kelurahan Malabero Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Wahana Usada, 4(2), 96–104. https://doi.org/10.47859/wuj.v4i2.232
Rahayuni, N. W. A., Mertha, I. M., & Rasidin, I. G. A. (2022). Edukasi Dengan Media Permainan Teka-Teki Silang Dan Pengetahuan Kesiapsiagaan Siswa. Jurnal Gema Keperawatan, 15(1), 68–78.
Rustam, E., Mutthalib, N. U., & Rahman, H. (2022). Pengaruh Mitigasi Bencana Banjir Melalui Video Animasi Terhadap Pengetahuan Anak Usia 8-13 Tahun. Window of Public Health Journal, 3(5), 945–953. https://doi.org/10.33096/woph.v3i5.516
Sarwadhamana, R. J., Putri, I. R. R., Mahfud, M., Indriantoro, A., Faizatun, F., Hasanah, R., Rahmawati, I. N., Putri, L. S. N., Wadji, N. A., & Leoni, P. M. (2022). Pengaruh Kesiasiagaan Bencana terhadap Perubahan Sikap, Persepsi dan Intensi Mahasiswa dalam Menghadapai Bencana Gempa di Yogyakarta. Indonesian Journal of Hospital Administration, 5(2), 71–76.
Septikasari, Z. (2022). Pendidikan Pencegahan Dan Pengurangan Risiko Bencana ( PRB ) Sebagai Strategi Ketahanan Sekolah Dasar Dalam Penanggulangan Bencana. 28(1), 119–142.
Sudirman, K. D., & Alhadi, Z. (2020). Analisis Kesiapsiagaan Siswa Dalam Menghadapi Risiko Bencana Gempa Bumi Dan Tsunami. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 2(3), 117–124. https://doi.org/10.24036/jmiap.v2i3.159
Syamsidik, Nugroho, A., Suryani, O., & Fahmi, M. (2019). Aceh Pasca 15 Tahun Tsunami: Kilas Balik dan Proses Pemulihan. Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC). https://bpba.acehprov.go.id/media/2022.09/buku_aceh_pasca_lima_belas_tahun_tsu nami1.pdf
Yustisia, N., APRILATUTINI, T., & UTAMA, T. A. (2019). Pengaruh Simulasi Menghadapi Bencana Gempa Bumi Terhadap Kesiapsiagaan Siswa Sdn 86 Kota Bengkulu. Journal of Nursing and Public Health, 7(2), 32–38. https://doi.org/10.37676/jnph.v7i2.888