Meningkatakan Kesadaran Masyarakat Melalui Sosialisasi PHBS Masyarakat Di Desa Mukhan, Kec. Indra Jaya Kab. Aceh Jaya

Penulis

  • Mhd. Hidayattullah Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Abulyatama
  • Nur Najikhah Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Abulyatama
  • Rosalia Putri Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Abulyatama
  • Pasyamei Rembune Kala Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Abulyatama
  • Miftahul Jannah Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Merisa Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Abulyatama

DOI:

https://doi.org/10.30867/geulayang.v1i3.661

Kata Kunci:

Kesadaran, Masyarakat, Sosialisasi, PHBS.

Abstrak

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, terkait perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) melalui kegiatan sosialisasi di Desa Mukhan, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Aceh Jaya. Metode yang digunakan berupa tindakan dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat sebagai subjek pengabdian. Pengabdian ini dilaksanakan dalam beberapa tahap, mulai dari identifikasi tingkat kesadaran PHBS pada masyarakat, perencanaan kegiatan sosialisasi, implementasi kegiatan sosialisasi, hingga evaluasi dampak perubahan perilaku PHBS. Melalui pendekatan partisipatif, masyarakat didorong untuk berperan aktif dalam mengidentifikasi potensi permasalahan kesehatan yang berkait dengan PHBS di lingkungan mereka. Hasil dari implementasi yang telah dilakukan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kesadaran dan penerapan PHBS pada masyarakat setelah mengikuti kegiatan sosialisasi. Pembentukan kelompok diskusi dan pertemuan rutin di tingkat komunitas membantu membangun kesadaran bersama dan menguatkan perilaku PHBS. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah bahwa sosialisasi terkait PHBS dapat menjadi instrumen efektif untuk meningkatkan kesadaran Masyarakat dalam menjalani gaya hidup sehat. Rekomendasi dari hasil pengabdian ini mencakup kelanjutan kegiatan sosialisasi, penguatan peran kelompok yang sudah terbentuk, dan pengembangan metode partisipatif dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat.

Referensi

Andriansyah, Y., & Rahmantari, D. N. (2013). Penyuluhan dan praktik PHBS (perilaku hidup bersih sehat) dalam mewujudkan masyarakat desa peduli sehat. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 2(1), 45–50.

Anik, M. (2014), Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta: Trans Info Media

Depkes RI. (2016). Pedoman Hidup Bersiah dan Sehat. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Hidayattullah, M. Et Al. (2023) ‘Surveillance Of Household Clean And Healthy Behavior (Phbs) In Lam Guron Village, Peukan Bada District, Aceh Besar’, Asjo: Aceh Sanitation Journal, 2(1).

Hidayattullah, M. And Pratama, U. (2023) ‘Penyuuhan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Rumah Tangga Di Desa Lam Guron Kecamatanpekan Bada Kabupaten Aceh Besar’, Journal Bidang Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 1(2).

Isnainy, U. C. A. S., Zainaro, M. A., Novikasari, L., Aryanti, L., & Furqoni, P. D. (2020). Pendidikan kesehatan tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di SMA negeri 13 Bandar Lampung. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 3(1), 27–33.

Lina, H. P. (2017). Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) siswa di SDN 42 Korong Gadang kecamatan Kuranji Padang. Jurnal PROMKES, 4(1), 92–103. https://doi.org/10.20473/jpk.V4.I1.2016.92-103

Mailoa, A. V., Kurniasari, M. D., & Messakh, T. S. (2017). Persepsi warga mengenai perilaku hidup bersih dan sehat di Dusun Kebonan, Semarang. Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, 30(3), 229–236. https://doi.org/10.20473/mkp.V30I32017.229-236

Notoatmodjo, Soekidjo. (2016). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Patilaiya, H. L., & Rahman, H. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 251–258. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i2.2512

Supriyanto, A., & Widayanti, R. (2018). Sosialisasi PHBS dan Dampaknya terhadap Kesadaran Masyarakat. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 12(2), 120-135.

Windasari, Siska. 2013. Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Anak Usia Sekolah Dasar di SDN 54 Kota Banda Aceh.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-27

Terbitan

Bagian

Articles