Pengemasan, Pelabelan, dan Strategi Pemasaran Yogurt Fungsional berbasis Kecambah Kacang Tolo

Penulis

  • Hery Winarsi Universitas Jenderal Soedirman
  • Gumintang Ratna Ramadhan Universitas Jenderal Soedirman
  • Yovita Puri Subardjo Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.30867/geulayang.v1i3.675

Kata Kunci:

pengemasan, pelabelan, pemasaran, yogurt berbasis kecambah kacang tolo

Abstrak

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan metode pengemasan, pelabelan, dan strategi pemasaran untuk yogurt fungsional berbasis kecambah kacang tolo. Kegiatan ini dilakukan pada produsen Yogurt Cony di desa Purwanegara, kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Peserta berjumlah 11 orang ibu. Metode PkM meliputi penyuluhan, diskusi, dan pelatihan tentang Pengemasan, Pelabelan, dan Strategi Pemasaran Yogurt Fungsional berbasis Kecambah Kacang Tolo. Kegiatan ini berhasil meningkatkan pengetahuan peserta dalam hal Pengemasan, Pelabelan, dan Strategi Pemasaran Yogurt Fungsional  berbasis Kecambah Kacang Tolo sebesar 25,41%, demikian pula dalam hal mengemas dan melabel produk. Setelah selesai pelatihan, peserta mempraktekkan dengan mengemas, melabel, dan menjual produknya secara offline dan online, meskipun kapasitasnya masih terbatas.

Referensi

Ampuero, O., & Vila, N. (2006). Consumer perceptions of product packaging. Journal of Consumer Marketing, 23(2), 100–112.

Chaffey, D., Ellis-Chadwick, F., & Mayer, R. (2009). Internet marketing: strategy, implementation and practice. Pearson education.

Iswanto, J., Subekan, S., SaDiyah, D. F., Mastur, M., & Tohawi, A. (2023). Strategi Pemasaran yang Efektif: Meningkatkan Omzet Penjualan Roti dalam Tinjauan Hukum Ekonomi Islam di Mawaddah Bakery Bandar Lor Kediri. Journal On Education, 5(4), 17807–17813.

Marsh, K., & Bugusu, B. (2007). Food packaging—roles, materials, and environmental issues. Journal of Food Science, 72(3), R39–R55.

Rahmawati, D., & SE, M. M. (2016). Manajemen Pemasaran. Samarinda: Mulawarman University Press.

Shafie, A., Nazri, M. A., & Hussin, H. (2019). Makanan halal menurut perspektif islam dan kepentingan pelabelan. BITARA International Journal of Civilizational Studies and Human Sciences (e-ISSN: 2600-9080), 2(3), 70–84.

Silayoi, P., & Speece, M. (2007). The importance of packaging attributes: a conjoint analysis approach. European Journal of Marketing, 41(11/12), 1495–1517.

Simanjuntak, J., & Naibaho, K. E. T. (2023). PENGEMBANGAN DESAIN KEMASAN MAKANAN: Yoghurt Susu Horbo di desa Huta Tinggi Kabupaten Samosir. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(1), 683–690.

Steenis, N. D., Van Herpen, E., Van Der Lans, I. A., Ligthart, T. N., & Van Trijp, H. C. M. (2017). Consumer response to packaging design: The role of packaging materials and graphics in sustainability perceptions and product evaluations. Journal of Cleaner Production, 162, 286–298.

Suriyanti, S., Sismar, A., Nurnaningsih, A., & Tandiawan, V. (2024). Pengaruh Strategi Marketing Mix dalam Meningkatkan Hasil Penjualan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 1622–1634.

Winarsi, H., Erminawati, E., & Ramadhan, G. R. (2022). Formulation of sprouted cowpea yoghurt rich in antioxidant, as functional drink for diabetics. Food Research, 6(6), 21–29.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-27

Terbitan

Bagian

Articles