Analisa Kebutuhan Belajar Inggris pada Mahasiswa Jurusan Gizi
Abstract
Mempelajari Bahasa Inggris merupakan modal penting bagi para mahasiswa jurusan gizi guna menjawab berbagai tantangan dalam dunia profesi mereka. Peran dosen tentunya sangat penting demi memfasilitasi mahasiswa memperoleh keterampilan Bahasa Inggris yang memadai. Terkait dengan dosen bahasa Inggris yang mengajar mahasiswa kejuruan (English for Specific purpose) mereka diminta untuk mengembangkan silabus dan materi ajar berdasarkan kebutuhan peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa kebutuhan belajar Bahasa Inggris mahasiswa jurusan Gizi di Poltekkes Kemenkes Aceh. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2018 dengan menggunakan metode studi kasus deskriptif yaitu mendeskripsikan masalah dan kebutuhan siswa dalam mempelajari Bahasa Inggris (English for Academic Purpose) yang kemudian menginterpretasikannya dalam bentuk kerangka silabus. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi D-IV Gizi Tingkat III yang berjumlah 80 orang. Hasil penelitian menunjukkan tujuan pembelajaran bahasa Inggris bagi para mahasiswa Jurusan Gizi yaitu agar dapat berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris secara aktif. Terkait kemampuan atau skill yang dianggap penting dalam mempelajari Bahasa Ingrris adalah kemampuan berbicara, yaitu sebesar 40%. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa mengetahui kebutuhan pasar kerja, dimana hampir semua perusahaan kesehatan menempatkan kemampuan bahasa Inggris secara lisan maupun tulis sebagai persyaratan dalam penerimaan karyawan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Inggris pada mahasiswa jurusan gizi kedepannya harus mempertimbangkan pada kebutuhan siswa (necessities) sehingga pemenuhan kompetensi siswa dapat tercapai. Disarankan agar ada penelitian lanjutan terhadap kebutuhan Bahasa Inggris di jurusan gizi, agar pemahaman kita terhadap kebutuhan Bahasa Inggris semakin jelas dan lengkap, dan pada akhirnya dapat berdampak pada hasil hasil pembelajaran yang lebih baik.
References
Ali, H. I. H., & Salih, A. R. A. (2013). Perceived Views of Language Teachers on the Use of Needs Analysis in ESP Materials Writing. English Language Teaching, 6(3).
Frendo, E. (2012). On The Importance Of Needs Analysis. Retrieved from www.pearsonlongman.com/.../pdf/articles/On_the_importance_of_needs_a nalysis.pdf
Haque, N. (2014). A Brief Study on Need Analysis. Express, an International
Otilia, S. M. (2015). Needs Analysis in English for Specific Purposes. Annals of the onstantin Brâncuşi, 1(2).
Boroujeni, S. A., & Fard, F. M. (2013). A Needs Analysis of English for Specific Purposes (ESP) Course For Adoption Of Communicative Language Teaching. International Journal of Humanities and Social Science Invention, 2(6).
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (1990). The Systematic Design of Instruction, Third Edition
Nur’Aini, I. (2016). Need Analysis in English to Specific Purposes for Nursdents at Malang District. Paper presented at the 2nd NEDS Proceedings.
Chovancova, B. (2014). Needs Analysis And Esp Course Design: Self-Perception Of Language Needs Among Pre-Service Students. Studies In Logic, Grammar And Rhetoric, 38(51).
Lee, C.-L. (2016). Principles and Practices of ESP Course Design-A Case Study of a University of Science and Technology. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 5(2).
Li, J. (2014). Needs Analysis: An Effective Way in Business English Curriculum
Groff, J. (2013). Technology-Rich Innovative Learning Environments.