Gambaran Motivasi Masyarakat Dalam Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Di Puskesmas Paya Seunara Kecamatan Suka Karya Di Kota Sabang
DOI:
https://doi.org/10.30867/nasuwakes.v15i1.439Keywords:
Motivasi Masyarakat; Pelayanan Kesehatan; Gigi dan MulutAbstract
Motivasi merupakan daya penggerak yang ada didalam diri seseorang yang menyebabkan seseorang melakukan tindakan atau aktivitas agar tercapai tujuan atau ingin memenuhi kebutuhannya. Berdasarkan hasil wawancara dengan pasien yang berkunjung ke Puskesmas sebanyak 12 orang 5 antarannya mengatakan pergi ke Puskesmas paya Seunara dengan alasan tempat dekat dengan daerah perumahan masyarakat dan fasilitas yang cukup baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran motivasi masyarakat dalam pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di puskesmas paya seunara kecamatan suka karya di kota sabang. Penelitian ini bersifat deskriptif, yang dilaksanakan pada tanggal 16 s/d 22 Mei 2019 di puskesmas dengan melakukan waawancara, pengisian kuisioner. Populasi sebesar 547 orang dan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode aksi dental sampling sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 30 pasien yang datang ke puskesmas paya
seunara mempunyai motivasi intrinsik yang tinggi sebanyak 24 orang (80%) dan rendah 6 orang (20%) dan pada motivasi extrinsik masyarakat juga mempunyai nilai tinggi sebanyak 13 orang (43,33%) dan rendah sebanyak 17 orang (56,67%). Dapat disimpulkan bahwa motivasi intrinsik masyarakat tentang pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di puskesmas paya seunara di kota sabnag adalah kategori tinggi. Sedangkan motivasi extrinsik masyarakat dalam pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut sangat rendah. Dapat disarankan untuk puskesmas paya saunara untuk meningkatkan pelayanan yang telah membuat masyarakat untuk berkunjung menjadi puas dan yang menjadi kelemahan agar bisanya untuk diperbaiki
References
Kawuryan U, 2012, Psikologi Sosial, Edisi Ke-3, Refika Aditama, Bandung
Irawati, 2011, Gambaran Faktor-Faktor Yang Memepengaruhi Kunjungan Pasien Rawat Jalan Di Poli Umum Di
Puskesmas Lhoknga Kabupaten Aceh Besar Tahun 2011.
Notoajmodjo, S, 2005. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. PT Rineka Cipta. Jakarta
Muninjaya, G. (2011). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.
P. Hanna Tombi, d. (2012). Hubungan antara Karakteristik Masyarakat Kelurahan Sindulang I dengan
Pemanfaatan Puskesmas Tuminting. Tesis, Fakultas Kesehatan Masyarakat
Alamsyah, D. (2011). Manajemen Pelayanan Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2013). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI, Jakarta.
Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2018). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI, Jakarta.
Radito, T. (2014). Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas kesehatan terhadap kepuasan pasien
Puskesmas. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 1-25.
Trimurthy, I. G. A. (2008). Analisis hubungan persepsi pasien tentang mutu pelayanan dengan minat
pemanfaatan ulang pelayanan rawat jalan Puskesmas Pandanaran Kota Semarang (Doctoral dissertation,
Program Pascasarjana Universitas Diponegoro).
Herijulianti, Dkk , 2011, Pendidikan Kesehatan Gigi , Penerbit Buku Kedokteran : EGC. Jakarta.
Ummya, F. (2023). Penerapan Reward dan Punishment dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal As-
Said, 3(1), 62-70.
Amrullah, A. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Home Room Untuk Meningkatkan
Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas Viii Mts Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung Tahun Pelajaran
/2019 (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).
Faot, M. I. (2019). Hubungan Pengetahuan Tentang Karies Gigi Dengan Motivasi Untuk Melakukan Penumpatan
Karies Gigi (Pada Pasien di Poli Gigi Puskesmas Kota Soe) (Doctoral dissertation, Jurusan Keperawatan Gigi).
Rahman, H. F. (2020). Dukungan Kader Dan Keluarga Dengan Pemanfaatan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit
Tidak Menular. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 9(2), 88-99.
Kadir, E. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pasien Rawat Inap Di
Rsu Thalia Irham. Jurnal Kesehatan Dan Kedokteran, 1(3), 67-78.
Nengsi, E. (2020). Perilaku Konsumen Dalam Memanfaatkan Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Di Puskesmas
Layang Kota Makassar Tahun 2020 (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Hasibuan, A. S., Manggabarani, S., Maulana, I., & Hadi, A. J. (2022). Determinan Model Karakteristik Budaya
Kesehatan pada Pemanfaatan Pelayanan Pencegahan Covid-19 di Puskesmas Padangmatinggi Kota
Padangsidimpuan. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(12), 1646-1652.
Aridah, N. (2021). Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Masyarakat Desa
Paya Baro Ranto Panyang Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat (Doctoral Dissertation, Universitas
Teuku Umar).
Downloads
Published
Versions
- 19-11-2023 (2)
- 08-10-2023 (1)