Gambaran Motivasi Masyarakat Dalam Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Di Puskesmas Paya Seunara Kecamatan Suka Karya Di Kota Sabang

Authors

  • Irfantri Irfantri Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Ainun Mardhiah Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Wirza Wirza Poltekkes Kemenkes Aceh

DOI:

https://doi.org/10.30867/nasuwakes.v15i1.439

Keywords:

Motivasi Masyarakat; Pelayanan Kesehatan; Gigi dan Mulut

Abstract

Motivasi merupakan daya penggerak yang ada didalam diri seseorang yang menyebabkan seseorang melakukan tindakan atau aktivitas agar tercapai tujuan atau ingin memenuhi kebutuhannya. Berdasarkan hasil wawancara dengan pasien yang berkunjung ke Puskesmas sebanyak 12 orang 5 antarannya mengatakan pergi ke Puskesmas paya Seunara dengan alasan tempat dekat dengan daerah perumahan masyarakat dan fasilitas yang cukup baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran motivasi masyarakat dalam pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di puskesmas paya seunara kecamatan suka karya di kota sabang. Penelitian ini bersifat deskriptif, yang dilaksanakan pada tanggal 16 s/d 22 Mei 2019 di puskesmas dengan melakukan waawancara, pengisian kuisioner. Populasi sebesar 547 orang dan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode aksi dental sampling sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 30 pasien yang datang ke puskesmas paya
seunara mempunyai motivasi intrinsik yang tinggi sebanyak 24 orang (80%) dan rendah 6 orang (20%) dan pada motivasi extrinsik masyarakat juga mempunyai nilai tinggi sebanyak 13 orang (43,33%) dan rendah sebanyak 17 orang (56,67%). Dapat disimpulkan bahwa motivasi intrinsik masyarakat tentang pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di puskesmas paya seunara di kota sabnag adalah kategori tinggi. Sedangkan motivasi extrinsik masyarakat dalam pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut sangat rendah. Dapat disarankan untuk puskesmas paya saunara untuk meningkatkan pelayanan yang telah membuat masyarakat untuk berkunjung menjadi puas dan yang menjadi kelemahan agar bisanya untuk diperbaiki

References

Kawuryan U, 2012, Psikologi Sosial, Edisi Ke-3, Refika Aditama, Bandung

Irawati, 2011, Gambaran Faktor-Faktor Yang Memepengaruhi Kunjungan Pasien Rawat Jalan Di Poli Umum Di

Puskesmas Lhoknga Kabupaten Aceh Besar Tahun 2011.

Notoajmodjo, S, 2005. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. PT Rineka Cipta. Jakarta

Muninjaya, G. (2011). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

P. Hanna Tombi, d. (2012). Hubungan antara Karakteristik Masyarakat Kelurahan Sindulang I dengan

Pemanfaatan Puskesmas Tuminting. Tesis, Fakultas Kesehatan Masyarakat

Alamsyah, D. (2011). Manajemen Pelayanan Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2013). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI, Jakarta.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2018). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI, Jakarta.

Radito, T. (2014). Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas kesehatan terhadap kepuasan pasien

Puskesmas. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 1-25.

Trimurthy, I. G. A. (2008). Analisis hubungan persepsi pasien tentang mutu pelayanan dengan minat

pemanfaatan ulang pelayanan rawat jalan Puskesmas Pandanaran Kota Semarang (Doctoral dissertation,

Program Pascasarjana Universitas Diponegoro).

Herijulianti, Dkk , 2011, Pendidikan Kesehatan Gigi , Penerbit Buku Kedokteran : EGC. Jakarta.

Ummya, F. (2023). Penerapan Reward dan Punishment dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal As-

Said, 3(1), 62-70.

Amrullah, A. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Home Room Untuk Meningkatkan

Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas Viii Mts Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung Tahun Pelajaran

/2019 (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).

Faot, M. I. (2019). Hubungan Pengetahuan Tentang Karies Gigi Dengan Motivasi Untuk Melakukan Penumpatan

Karies Gigi (Pada Pasien di Poli Gigi Puskesmas Kota Soe) (Doctoral dissertation, Jurusan Keperawatan Gigi).

Rahman, H. F. (2020). Dukungan Kader Dan Keluarga Dengan Pemanfaatan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit

Tidak Menular. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 9(2), 88-99.

Kadir, E. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pasien Rawat Inap Di

Rsu Thalia Irham. Jurnal Kesehatan Dan Kedokteran, 1(3), 67-78.

Nengsi, E. (2020). Perilaku Konsumen Dalam Memanfaatkan Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Di Puskesmas

Layang Kota Makassar Tahun 2020 (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Hasibuan, A. S., Manggabarani, S., Maulana, I., & Hadi, A. J. (2022). Determinan Model Karakteristik Budaya

Kesehatan pada Pemanfaatan Pelayanan Pencegahan Covid-19 di Puskesmas Padangmatinggi Kota

Padangsidimpuan. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(12), 1646-1652.

Aridah, N. (2021). Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Masyarakat Desa

Paya Baro Ranto Panyang Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat (Doctoral Dissertation, Universitas

Teuku Umar).

Downloads

Published

08-10-2023 — Updated on 19-11-2023

Versions

How to Cite

Irfantri, I., Mardhiah, A., & Wirza, W. (2023). Gambaran Motivasi Masyarakat Dalam Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Di Puskesmas Paya Seunara Kecamatan Suka Karya Di Kota Sabang. NASUWAKES: Jurnal Kesehatan Ilmiah, 15(1), 45–53. https://doi.org/10.30867/nasuwakes.v15i1.439 (Original work published October 8, 2023)

Issue

Section

Original research