The Effectiveness Of Video Media In Increasing Knowledge About Caries In Children With Light Impossible At Slb Putra Mandiri

Authors

  • Silvia Prasetyowati Poltekkes Kemenkes Surabaya
  • Berliana Effrianti Poltekkes Surabaya
  • Siti Fitria Ulfah Poltekkes Surabaya
  • Endang Purwaningsih Poltekkes Surabaya

Keywords:

Video, Knowledge of Caries, Mental Health

Abstract

Background: Mentally retarded children are identified as having a low level of intelligence. Mentally retarded children are one of the criteria with the most people who are vulnerable to exposure to disease. Mental retardation usually has a higher prevalence of caries, gingivitis and periodontal disease compared to children of the same age. The 2018 Riskesdas results explain that the proportion of dental and oral problems in Indonesia has increased from 23.2% in 2007 to 57.6%, so counselling is needed for dental and oral health with aids or media that can attract children's interest. Research Objectives: To know the effectiveness of video media in increasing knowledge about caries in children with mild mental retardation at Putra Mandiri SLB. Research Methods: Using a Quasi-Experimental design with a Control Group Pre-Test – Post-Test design. Data analysis: Using a simple random sampling technique or taking samples from the population taken randomly with a population of 25 students and a sample of 24 students. Data Collection Method: Observing the results of counselling with video media in increasing caries knowledge in children with mild mental retardation using a questionnaire. Research Results: There is a significant effect of providing video media interventions on increasing the knowledge of mentally retarded children. Conclusion: Health education with video media about dental caries is effective in increasing the knowledge of children with mild mental retardation.

References

Afrinis, N., Indrawati, I., & Farizah, N. 2020. Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Karies Gigi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 763. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.668

Amiqoh,Prasetyowati, S., & Mahirawatie, I. C. 2022. Faktor Resiko Karies Gigi Pada Anak Tunagrahita. Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi (JIKG), 3(1), 28–38.

Aruldas, C. 2020. Tingkat Pengetahuan Orang Tua/Wali dihubungkan dengan Kebersihan Rongga Mulut Tunagrahita di SLB Negeri Pembina Medan. 7. https://doi.org/10.31983/jkg.v7i1.5899

Azjalaini, 2022. Penggunaan Video Pembelajaran Bina Diri Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyikat Gigi Murid Tunagrahita Sedang Kelas V Di Slb Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa.Universitas Negeri Makasar

AzZahrah, 2021. Systematic Literature Review Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyikat Gigi Pada Anak Tunagrahita. JIKG : Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi

Constantika, 2022. Efektivitas Media Video Animasi Dalam Pembelajaran Dental Health Education Pada Anak Tunagrahita. Banjarmasin : DENTIN Jurnal Kedokteran Gigi

Dew, G. A. C., & Wirata, N. 2017. Gambaran Karies Gigi Sulung Dan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Terhadap Pemeliharaan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak Prasekolah. Jurnal Kesehatan Gigi, 5(1), N0. 2.

Dewi, R., Chairanna M, I., & Ulfah, S. F. 2022. Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Orangtua Dalam Membimbing Menyikat Gigi Dengan Tingginya Angka Karies Pada Anak Tunagrahita. 3(1), 59–70.

Di, P. C.-, & Pandeglang, M. A. N. 2022. Perbedaan Efektivitas Pendidikan Kesehatan Antara Media Video dan Media Leaflet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Pencegahan Covid-19 Di MAN Pandeglang Tahun 2021. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/Hearty/issue/archive. 10(1), 32–41.

Fatmasari, M., Widodo, & Adhani, R. 2017. Hubungan Antara Tingkat Sosial Ekonomi Orangtua Dengan Indeks Karies Gigi Pelajar Smpn Di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Jurnal Kedokteran Gigi, I(1), 62–67.

Hanif, F. 2018. The Difference of Counseling With Video Media and Hand Puppets To Improving Knowledge of Dental and Oral Health in Elementary School Students. Jurnal Kesehatan Gigi, 5(2), 1. https://doi.org/10.31983/jkg.v5i2.3854

Hestyaningsih, L., & Pratisti, W. D. 2021. Efektivitas Permainan Tradisional Dakon untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Tunagrahita. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 13, 161–174. https://journal.uii.ac.id/intervensipsikologi/article/view/20092

Kemenkes. 2018. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kementerian Kesehatan RI, 1(1), 1. https://www.kemkes.go.id/article/view/19093000001/penyakit-jantung-penyebab-kematian-terbanyak-ke-2-di-indonesia.html

Listrianah. 2017. Indeks karies gigi ditinjau dari penyakit umum dan sekresi saliva pada snak di Sekolah Dasar Negeri 30 Palembang 2017. JPP (Jurnal Kesehatan Palembang), 12(2), 136–148.

Margareta, S. 2012. 101 Tips & Terapi Alami Agar Gigi Putih & Sehat (Hands (ed.); Cetakan I). Pustaka Cerdas.

Maulidiyah, F. N. 2020. Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan, 29(2), 93–100. https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647

Mernawati, C. 2020. Penerapan Permainan Puzzle Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Tunagrahita Ringan. 1–8.

Mubarak, W. I. 2012. Promosi Kesehatan Untuk Kebidanan (Cetakan Ke). Salemba Medika.

Munadirah. 2017. Perbandingan Efektivitas Media Video dan Flip Chart terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Murid Kelas IV dan V di SDN NO 38 Boro Kec. Rumbia Kab. Jeneponto. Media Kesehatan Gigi, 16(2), 5–10. http://journal.poltekkes-mks.ac.id/ojs2/index.php/mediagigi/article/view/758/320

Notoatmodjo, S. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan (Cetakan Pe). PT Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2012. Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan (Cetakan Pe). PT Rineka Cipta.

Nurul Aula, S. K. 2020. Peran Tokoh Agama Dalam Memutus Rantai Pandemi Covid-19 Di Media Online Indonesia. Living Islam: Journal of Islamic Discourses, 3(1), 125. https://doi.org/10.14421/lijid.v3i1.2224

Oktaviani, E., Sofiyah, Y., & Lusiani, E. 2020. Hubungan Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Merawat Gigi Dengan Kejadian Karies Pada Anak Usia Sekolah 10-12 Tahun. Jurnal Asuhan Ibu&Anak, 5(1), 25–30.

Palupi, D. N., Rachmawati, R., Anggraini, Z. O., Studi, P., Dokter, P., Kedokteran, F., & Universitas, G. 2017. Anak Tunagrahita the Role of Caregiver in Improving Oral Health for Children With. E-PRODENTA, 1.

Prasetya, R. G. 2017. Efektifitas Penyuluhan Kesehatan Menggunakan Metode Cerita Boneka Tangan Terhadap Peningkatan keterampilan Gosok Gigi Pada Anak Prasekolah Di TK Darma Wanita Kecamatan Wasuponda Kota Sorowako. 16(2), 6–18.

Pratiwi, S. L., Hatta, I., & Adhani, R. 2019. Efektivitas Penyuluhan Menyikat Gigi Metode Horizontal antara Demonstrasi dan Video Terhadap Penurunan Plak. Jurnal Kedokteran Gigi, 3(2), 55–60.

Pratiwi, 2020. Efektivitas Penyuluhan Menyikat Gigi Metode Horizontal Antara Demonstrasi Dan Video Terhadap Penurunan Plak. Banjarmasin : DENTIN Jurnal Kedokteran Gigi

Prawestri, G., & Hartati, E. 2019. Gambaran Mengenai Status Kebersihan Gigi Dan Mulut Serta Kemandirian Toilet Training Pada Anak Tunagrahita. Jurnal Ilmu Keperawatan Komunitas, 2(2), 7. https://doi.org/10.32584/jikk.v2i2.409

Putri Abadi, N. Y. W., & Suparno, S. 2019. Perspektif Orang Tua pada Kesehatan Gigi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 161. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.161

Riyadi, 2020. Perbedaan Perilaku Menyikat Gigi Sebelum Dan Sesudah Penyuluhan Dengan Metode Video Untuk Meningkatkan Pembelajaran Bina Diri Anak Tunagrahita Slb N 1 Kota Jambi Tahun 2019. Jambi : Bahana of Journal Public Health

Rosmaya, 2019. Pengaruh Video Interaktif Dan Media Gambar Terhadap Kemampuan Merawat Diri Pada Anak Tunagrahita. JOTING : Journal of Telenursing

Saputra, H., & Febriyanto, E. 2019. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Anak Tuna Grahita. In MATHEMA JOURNAL (Vol. 1, Issue 1).

Sasongko, 2021. Media Motion Graphic Video Dalam Pembelajaran Self Care Siswa Tunagrahita. Universitas Negeri Surabaya : Jurnal Pendidikan Khusus

Setiawati, D. N. A. E. 2020. Teknik penguatan positif untuk anak dengan keterbatasan intelektual. Procedia : Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 7(1). https://doi.org/10.22219/procedia.v7i1.12976

Shafiei. 2021. Caries Management Strategies for Children with Autism Spectrum Disorder. Malaysia: Atlantis Press

Sianipar. 2021. Efektivitas Penggunaan Media Penyuluhan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak Sd. Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan

Suharja, 2019. Interactive Video Improve the Brushing Skills of Mild Mentally Disabled Students. Journal of Physics: Conference Series

Tarigan, E. 2019. Efektivitas Metode Pembelajaran pada Anak Tunagrahita di SLB Siborong-Borong. Pionir LPPM Universitas Asahan, 5(3), 56–63.

Tarigan, R. 2013a. Karies Gigi (L. Juwono (ed.); Pertama Ka). Buku Kedokteran EGC.

Tarigan, R. 2013b. Karies Gigi (L. Juwono (ed.); Pertama Ka). Buku Kedokteran EGC.

Wahyuningtyas, F. 2019. Penerapan metode resitasi berbasis android terhadap perilaku sosial pada anak tunagrahita ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 12(3), 1–17.

Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. 2019. Prinsip Khusus Dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2), 116–126. https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.392

Downloads

Published

29-01-2023

How to Cite

Prasetyowati, S., Berliana Effrianti, Siti Fitria Ulfah, & Endang Purwaningsih. (2023). The Effectiveness Of Video Media In Increasing Knowledge About Caries In Children With Light Impossible At Slb Putra Mandiri . DHeJA: Dental Health Journal of Aceh, 2(1), 13–22. Retrieved from https://journal.poltekkesaceh.ac.id/index.php/dheja/article/view/243

Issue

Section

Original research