The Effectiveness Of Video Media In Increasing Knowledge About Caries In Children With Light Impossible At Slb Putra Mandiri
Kata Kunci:
Video, Knowledge of Caries, Mental HealthAbstrak
Background: Mentally retarded children are identified as having a low level of intelligence. Mentally retarded children are one of the criteria with the most people who are vulnerable to exposure to disease. Mental retardation usually has a higher prevalence of caries, gingivitis and periodontal disease compared to children of the same age. The 2018 Riskesdas results explain that the proportion of dental and oral problems in Indonesia has increased from 23.2% in 2007 to 57.6%, so counselling is needed for dental and oral health with aids or media that can attract children's interest. Research Objectives: To know the effectiveness of video media in increasing knowledge about caries in children with mild mental retardation at Putra Mandiri SLB. Research Methods: Using a Quasi-Experimental design with a Control Group Pre-Test – Post-Test design. Data analysis: Using a simple random sampling technique or taking samples from the population taken randomly with a population of 25 students and a sample of 24 students. Data Collection Method: Observing the results of counselling with video media in increasing caries knowledge in children with mild mental retardation using a questionnaire. Research Results: There is a significant effect of providing video media interventions on increasing the knowledge of mentally retarded children. Conclusion: Health education with video media about dental caries is effective in increasing the knowledge of children with mild mental retardation.
Referensi
Afrinis, N., Indrawati, I., & Farizah, N. 2020. Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Karies Gigi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 763. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.668
Amiqoh,Prasetyowati, S., & Mahirawatie, I. C. 2022. Faktor Resiko Karies Gigi Pada Anak Tunagrahita. Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi (JIKG), 3(1), 28–38.
Aruldas, C. 2020. Tingkat Pengetahuan Orang Tua/Wali dihubungkan dengan Kebersihan Rongga Mulut Tunagrahita di SLB Negeri Pembina Medan. 7. https://doi.org/10.31983/jkg.v7i1.5899
Azjalaini, 2022. Penggunaan Video Pembelajaran Bina Diri Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyikat Gigi Murid Tunagrahita Sedang Kelas V Di Slb Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa.Universitas Negeri Makasar
AzZahrah, 2021. Systematic Literature Review Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyikat Gigi Pada Anak Tunagrahita. JIKG : Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi
Constantika, 2022. Efektivitas Media Video Animasi Dalam Pembelajaran Dental Health Education Pada Anak Tunagrahita. Banjarmasin : DENTIN Jurnal Kedokteran Gigi
Dew, G. A. C., & Wirata, N. 2017. Gambaran Karies Gigi Sulung Dan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Terhadap Pemeliharaan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak Prasekolah. Jurnal Kesehatan Gigi, 5(1), N0. 2.
Dewi, R., Chairanna M, I., & Ulfah, S. F. 2022. Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Orangtua Dalam Membimbing Menyikat Gigi Dengan Tingginya Angka Karies Pada Anak Tunagrahita. 3(1), 59–70.
Di, P. C.-, & Pandeglang, M. A. N. 2022. Perbedaan Efektivitas Pendidikan Kesehatan Antara Media Video dan Media Leaflet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Pencegahan Covid-19 Di MAN Pandeglang Tahun 2021. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/Hearty/issue/archive. 10(1), 32–41.
Fatmasari, M., Widodo, & Adhani, R. 2017. Hubungan Antara Tingkat Sosial Ekonomi Orangtua Dengan Indeks Karies Gigi Pelajar Smpn Di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Jurnal Kedokteran Gigi, I(1), 62–67.
Hanif, F. 2018. The Difference of Counseling With Video Media and Hand Puppets To Improving Knowledge of Dental and Oral Health in Elementary School Students. Jurnal Kesehatan Gigi, 5(2), 1. https://doi.org/10.31983/jkg.v5i2.3854
Hestyaningsih, L., & Pratisti, W. D. 2021. Efektivitas Permainan Tradisional Dakon untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Tunagrahita. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 13, 161–174. https://journal.uii.ac.id/intervensipsikologi/article/view/20092
Kemenkes. 2018. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kementerian Kesehatan RI, 1(1), 1. https://www.kemkes.go.id/article/view/19093000001/penyakit-jantung-penyebab-kematian-terbanyak-ke-2-di-indonesia.html
Listrianah. 2017. Indeks karies gigi ditinjau dari penyakit umum dan sekresi saliva pada snak di Sekolah Dasar Negeri 30 Palembang 2017. JPP (Jurnal Kesehatan Palembang), 12(2), 136–148.
Margareta, S. 2012. 101 Tips & Terapi Alami Agar Gigi Putih & Sehat (Hands (ed.); Cetakan I). Pustaka Cerdas.
Maulidiyah, F. N. 2020. Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan, 29(2), 93–100. https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647
Mernawati, C. 2020. Penerapan Permainan Puzzle Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Tunagrahita Ringan. 1–8.
Mubarak, W. I. 2012. Promosi Kesehatan Untuk Kebidanan (Cetakan Ke). Salemba Medika.
Munadirah. 2017. Perbandingan Efektivitas Media Video dan Flip Chart terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Murid Kelas IV dan V di SDN NO 38 Boro Kec. Rumbia Kab. Jeneponto. Media Kesehatan Gigi, 16(2), 5–10. http://journal.poltekkes-mks.ac.id/ojs2/index.php/mediagigi/article/view/758/320
Notoatmodjo, S. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan (Cetakan Pe). PT Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. 2012. Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan (Cetakan Pe). PT Rineka Cipta.
Nurul Aula, S. K. 2020. Peran Tokoh Agama Dalam Memutus Rantai Pandemi Covid-19 Di Media Online Indonesia. Living Islam: Journal of Islamic Discourses, 3(1), 125. https://doi.org/10.14421/lijid.v3i1.2224
Oktaviani, E., Sofiyah, Y., & Lusiani, E. 2020. Hubungan Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Merawat Gigi Dengan Kejadian Karies Pada Anak Usia Sekolah 10-12 Tahun. Jurnal Asuhan Ibu&Anak, 5(1), 25–30.
Palupi, D. N., Rachmawati, R., Anggraini, Z. O., Studi, P., Dokter, P., Kedokteran, F., & Universitas, G. 2017. Anak Tunagrahita the Role of Caregiver in Improving Oral Health for Children With. E-PRODENTA, 1.
Prasetya, R. G. 2017. Efektifitas Penyuluhan Kesehatan Menggunakan Metode Cerita Boneka Tangan Terhadap Peningkatan keterampilan Gosok Gigi Pada Anak Prasekolah Di TK Darma Wanita Kecamatan Wasuponda Kota Sorowako. 16(2), 6–18.
Pratiwi, S. L., Hatta, I., & Adhani, R. 2019. Efektivitas Penyuluhan Menyikat Gigi Metode Horizontal antara Demonstrasi dan Video Terhadap Penurunan Plak. Jurnal Kedokteran Gigi, 3(2), 55–60.
Pratiwi, 2020. Efektivitas Penyuluhan Menyikat Gigi Metode Horizontal Antara Demonstrasi Dan Video Terhadap Penurunan Plak. Banjarmasin : DENTIN Jurnal Kedokteran Gigi
Prawestri, G., & Hartati, E. 2019. Gambaran Mengenai Status Kebersihan Gigi Dan Mulut Serta Kemandirian Toilet Training Pada Anak Tunagrahita. Jurnal Ilmu Keperawatan Komunitas, 2(2), 7. https://doi.org/10.32584/jikk.v2i2.409
Putri Abadi, N. Y. W., & Suparno, S. 2019. Perspektif Orang Tua pada Kesehatan Gigi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 161. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.161
Riyadi, 2020. Perbedaan Perilaku Menyikat Gigi Sebelum Dan Sesudah Penyuluhan Dengan Metode Video Untuk Meningkatkan Pembelajaran Bina Diri Anak Tunagrahita Slb N 1 Kota Jambi Tahun 2019. Jambi : Bahana of Journal Public Health
Rosmaya, 2019. Pengaruh Video Interaktif Dan Media Gambar Terhadap Kemampuan Merawat Diri Pada Anak Tunagrahita. JOTING : Journal of Telenursing
Saputra, H., & Febriyanto, E. 2019. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Anak Tuna Grahita. In MATHEMA JOURNAL (Vol. 1, Issue 1).
Sasongko, 2021. Media Motion Graphic Video Dalam Pembelajaran Self Care Siswa Tunagrahita. Universitas Negeri Surabaya : Jurnal Pendidikan Khusus
Setiawati, D. N. A. E. 2020. Teknik penguatan positif untuk anak dengan keterbatasan intelektual. Procedia : Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 7(1). https://doi.org/10.22219/procedia.v7i1.12976
Shafiei. 2021. Caries Management Strategies for Children with Autism Spectrum Disorder. Malaysia: Atlantis Press
Sianipar. 2021. Efektivitas Penggunaan Media Penyuluhan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak Sd. Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan
Suharja, 2019. Interactive Video Improve the Brushing Skills of Mild Mentally Disabled Students. Journal of Physics: Conference Series
Tarigan, E. 2019. Efektivitas Metode Pembelajaran pada Anak Tunagrahita di SLB Siborong-Borong. Pionir LPPM Universitas Asahan, 5(3), 56–63.
Tarigan, R. 2013a. Karies Gigi (L. Juwono (ed.); Pertama Ka). Buku Kedokteran EGC.
Tarigan, R. 2013b. Karies Gigi (L. Juwono (ed.); Pertama Ka). Buku Kedokteran EGC.
Wahyuningtyas, F. 2019. Penerapan metode resitasi berbasis android terhadap perilaku sosial pada anak tunagrahita ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 12(3), 1–17.
Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. 2019. Prinsip Khusus Dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2), 116–126. https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.392
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Silvia Prasetyowati; Berliana Effrianti, Siti Fitria Ulfah, Endang Purwaningsih
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.