Edukasi Pentingnya Kebiasaan Makan Pagi dan Aktifitas Fisik di Masa New Normal Siswa Madrasah Tsanawiyah Durian Kawan Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan

Penulis

  • Latifah Nur jakarta medikal
  • Rauzatul Jannah Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Sri Mulyani Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Cut Putri Diana Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Khuzaimah Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Aceh

DOI:

https://doi.org/10.30867/jeumpa.v3i2.119

Abstrak

Pasien merupakan salah satu indikator utama dari keberhasilan pelayanan kesehatan yang digunakan sebagai alat ukur untuk menilai keberhasilan penyelenggaraan pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi terkait tingkat kep[uasan pasien yang berkunjung kep puskesmas tahun 2022. Sedangka yang menjadi sampel adalah pengunjung ke poli gigi sebanyak 50 orang. Penelitian ini dilakukan dengan metode analitik dengan desain cross sectional yang dilakukan pada tahun 2022 di Puskesmas Peusangan Kabupaten Bireun.. Hasil penelitian pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan kepuasan pasien, dari 50 responden yang memberikan penilaian baik sebanyak 44 orang (95,7%) menyatakan puas atas pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang diterima dan 2 orang (4,3%) menyatakan tidak puas atas pelayanan  kesehatan gigi dan mulut yang diterima. Sedangkan dari 3 orang (50%) yang memberikan penilaian kurang baik, seluruhnya 3 orang (50%) menyatakan tidak puas atas pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang diterima. Hasil uji Chi-Square diperoleh nilai ρ = 0,005 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya ada hubungan pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan kepuasan pasien selama Covid-19 di Poli Gigi Puskesmas Peusangan Kabupaten Bireun. Pelayanan kesehatan di poli gigi yang baik tetap dipertahankan dan diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang berkualitas selama pandemi covid-19.

Referensi

Adiyanta, F. C. Susila. 2020. “Urgensi Kebijakan Jaminan Kesehatan Semesta (Universal Health Coverage) Bagi Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19.” Administrative Law & Governance Journal 3(2): 2621–2781.

Ahmad, Aripin et al. 2022. “The Efficacy of Nutrition Education on Anemia and Upper Arm Circumference among Pregnant Women in Aceh Besar District of Indonesia during the Covid-19 Pandemic.” 17(28): 27–36.

Burhanuddin, Nurfardiansyah, Bagian AKK, and Kesehatan Masyarakat. 2016. “Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rsud Syekh Yusuf Gowa.” Jurnal Mkmi 12(1): 41-46 hlm.

Farahanny, Wandania, Ika Andryas, Rini Octavia N, and Olivia A Hanafiah. 2020. “Mobile Dental Clinic Revitalization to Improve Oral Health Services in the Covid-19 Pandemic Era at Sambirejo District Community Health Center, Kabupaten Langkat.” ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5(2): 350–60.

Irda Sari. 2020. “Analisis Dampak Pandemi Covid- 19 Terhadap Kecemasan Masyarakat : Literature Review.” Bina Generasi : Jurnal Kesehatan 12(1): 69–76.

Jalias, Sitti Jai Fitri Dewi, and Fairus Prihatin Idris. 2020. “Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Terhadap Minat Kembali Pasien Melalui Tingkat Kepuasan Di Puskesmas Tamalate Makassar 2020.” Journal of Muslim Community Health 1(2): 37–49.

Mahzalina, Metty Amperawati, and Emilda Sari. 2021. “Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Kepuasan Pasien Saat Pandemi COVID-19 Di Poli Gigi Puskesmas Guntung Banjarbaru.” Jurnal-Terapisgigimulut.Com 1(1): 1–5.

Nadya Hafiza Sara Ate, Teuku Salfiyadi. 2022. “Effect Of Online Education Onincreasing Knowledge About Keep Your Teeth Clean Andmouth Of Students Of Class VIII- Darul Imarah.” dheja 1(1): 1–8.

Nurhaeni, Nurwiyana Abdullah, and Atmajati Sri Mult. 2022. “Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Poli Gigi Di Puskesmas.” media kesehatan gigi 21(1): 18–28.

Regina Tesalonika Langkai, Franckie R.R. Maramis, Ribka Wowor. 2021. “GAMBARAN PELAYANAN KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS POOPO KABUPATEN MINAHASA SELATAN.” jurnal KESMAS 10(7): 13–19.

Siti Dinda Prasati, Tiurmina Sirait, Hetty Anggrawati Koesoemah, Dewi Soedja Laela. 2021. “Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Di Poli Gigi.” 2(2).

Sutriani. 2013. “Hubungan Kualitas Pelayanan HIV Dan AIDS Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Labuang Baji Makassar.” Mkmi: 212–20.

Yani, Ristya Widi Endah. 2016. “The Relationship Between Chewing Food and Sleeping Disorders Caused By Dental and Oral Diseases To Preschool Children’S Food Intake.” Media Kesehatan Masyarakat Indonesia 12(3): 181–84.

File Tambahan

Diterbitkan

11/25/2024 — Diperbaharui pada 04/24/2025

Versi

Cara Mengutip

Latifah Nur, Rauzatul Jannah, Sri Mulyani, Cut Putri Diana, & Khuzaimah. (2025). Edukasi Pentingnya Kebiasaan Makan Pagi dan Aktifitas Fisik di Masa New Normal Siswa Madrasah Tsanawiyah Durian Kawan Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan. JEUMPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 9–14. https://doi.org/10.30867/jeumpa.v3i2.119 (Original work published 25 November 2024)

Terbitan

Bagian

EDISI