Pemberdayaan Keluarga Dalam Peningkatan Upaya Pemeliharaan Kesehatan Gigi Dan Mulut Lansia Di Desa Kandang Darul Imarah Aceh Besar

Penulis

  • Intan Liana poltekkes aceh
  • Andriani Poltekkes Kemenkes Aceh
  • linda Suryani Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Cut Ratna Keumala Poltekkes Kemenkes Aceh
  • sisca Mardelita Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Elfi Zahara Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Anwar Arbi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhamadiyah Aceh

DOI:

https://doi.org/10.30867/jeumpa.v2i1.207

Kata Kunci:

pemberdayaan keluarga, kesehatan gigi, lansia

Abstrak

Di Indonesia penyakit periodontal menduduki urutan kedua (96,5%). Penyebab lain yang dapat menyebabkan periodontitis adalah  ginggivitis, debris pada gigi yang tidak dibersihkan dalam waktu yang lama. Pemberdayaan diri berarti proses peningkatan kemampuan atau daya yang dilakukan oleh individu yang bersangkutan. Lansia di Desa Kandang, memiliki kebiasaan mengunyah sirih dan beranggapan kesehatan giginya tidak bermasalah,  dan memiliki kebiasaan menyikat gigi hanya waktu mandi saja. Hasil  pemeriksaan pada 15 orang lansia, menunjukkan 85% memiliki kalkulus dan kehilangan gigi. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Desa Kandang Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar, berupa memberikan informasi melalui pembekalan buku saku, kegiatan melibatkan 30 orang lansia dan pendampingan, Tujuan kegiatan ini untuk dapat meningkatkan pengetahuan keluarga, serta meningkatnya kemampuan lansia secara mandiri untuk melakukan pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut. Berdasarkan hasil kegiatan disimpulkan bahwa ada peningkatan pengetahuan keluarga Lansia  setelah di berikan penyuluhan kesehatan dan pemberian buku saku. 

Referensi

Aan Kusmana1 Culia Rahayu 2. (n.d.). PERBANDINGAN PENDIDIKAN KESEHATAN GIGI DENGAN MEDIA BUKU SAKU DAN METODE CERAMAH TERHADAP PENGETAHUAN PEMELIHARAAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT DALAM MENCEGAH RISIKO KEHILANGAN GIGI. Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi (JIKG) 2021, Vol 2 No,2 Juli.

Hidayat. (2016). PEMBEKALAN PENGETAHUAN DAN KEMANDIRIAN DALAM PERAWATAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT MASYARAKAT DESA BALINGBING DAN DESA CIDADAP, KECAMATAN PAGADEN BARAT, SUBANG. Journal.Unpad.Ac.Id.

Intan Liana, Arnela Nur, Anwar Arbi, Andriani Andriani, Sisca Mardelita, Elfi Zahara, Cut Ratna Keumala. (2021). The Effect of the Implementation of the Education on the Knowledge and Status of Dental Cleanliness in Elderly in Darul Imarah Aceh Besar District, Indonesia. Journal Macedonia, 2021, Vol 9 No : F (2021).

Intan Liana, Andriani. (2021). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN GIGI TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT PENGUNYAH RANUP (SIRIH) DI DESA ANEUK GLEE KECAMATAN INDRAPURI ACEH BESAR. Ejurnal Sarimutiara.Ac.Id, 2021, Vol. 6 No.1.

Ridwan, A. T. R. (2021). PENERAPAN MODEL LANSIA SEHAT DAN MANDIRI DI DESA CINGCIN KECAMATAN SOREANG KABUPATEN. Poltekkesjambi.Ac.Id, 2021. vo. 2 No.1. https://doi.org/https://doi.org/10.35910/binakes.v2i1.435

Sakti, E. S. (2019). Faktor Risiko Kesehatan Gigi dan Mulut. In Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI.

File Tambahan

Diterbitkan

03/05/2023

Cara Mengutip

Liana, I., Andriani, linda Suryani, Cut Ratna Keumala, sisca Mardelita, Elfi Zahara, & Anwar Arbi. (2023). Pemberdayaan Keluarga Dalam Peningkatan Upaya Pemeliharaan Kesehatan Gigi Dan Mulut Lansia Di Desa Kandang Darul Imarah Aceh Besar. JEUMPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 42–48. https://doi.org/10.30867/jeumpa.v2i1.207

Terbitan

Bagian

EDISI KE III

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama