IDENTIFIKASI FORMALIN PADA BABY CUMI (Loligo sp) KERING

Authors

  • Safridha Kemala Putri Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Rahmayanti Rahmayanti Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Nikma Rizkani Muna Poltekkes Kemenkes Aceh

Keywords:

formalin, baby cumi (Loligo sp) kering, asam kromatophat

Abstract

Cumi (Loligo sp) diolah masyarakat menjadi cumi kering untuk menghindari pembusukan melalui proses pengawetan agar daya tahan cumi lebih lama. Salah satu pengolahan dan pengawetan yang dilarang yaitu pengawetan menggunakan formalin. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1168/Menkes/PER/X/1999 menyatakan bahwa formalin merupakan bahan pengawet yang dilarang untuk digunakan sebagai pengawet makanan karena dapat menyebabkan kerusakan pada saluran pencernaan, ginjal, hati dan paru-paru, bahkan dapat menyebabkan kanker. Berdasarkan observasi langsung dtemukan ciri-ciri baby cumi (Loligo sp) kering  yang tidak dihinggapi lalat, tidak berbau khas ikan asin dan dagingnya alot, sehingga dilakukan penelitian identifikasi formalin pada baby cumi (Loligo sp) di pasar tradisional kota Banda Aceh.Tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengawet formalin pada baby cumi (Loligo sp) di pasar tradisional kota Banda Aceh. Metode penelitian ini yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan uji kualitatif metode asam kromatophat. Hasil penelitian dari 7 sampel yang telah diuji dengan metode asam kromatophat menghasilkan warna dari bening menjadi ungu. Hal ini menunjukkan bahwa semua sampel baby cumi (Loligo sp) positif ditemukan adanya formalin.

References

Anggraini, B. D. (2020). Penurunan Kadar Formalin pada Ikan Asin Menggunakan Air Cucian Beras.

Astawan Andreas, L. K. (2008). Khasiat Warna Warni Makanan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Asyfiradayati, R., Ningtyas, A., Lizansari, M., Purwati, Y., & Winarsih, W. (2019). Identifikasi kandungan formalin pada bahan pangan (mie basah, bandeng segar dan presto, ikan asin, tahu) di Pasar Gede Kota Surakarta. Jurnal Kesehatan, 11(2).

Khairunnisa, N. (2019). Analisa Formalin pada Tahu Mentah yang dijual di pasar Aksara, Cemara, dan desa Lau Dendang Medan.

Nizon, L. (2017). Variasi Morfometri Cumi-Cumi (Loligo eduis) yang Didaratkan di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Tanjung. Luar.

Putri, S.K & Darmawati (2021), Pengantar Laboratorium Medik, Prodi D III Teknologi Laboratorium Medik, Poltekkes Kemenkes Aceh, Banda Aceh

Putri, S. K (2022), Analisa Volumetri, Prodi D III Teknologi Laboratorium Medik, Poltekkes Kemenkes Aceh, Banda Aceh.

Sari, Y. I. P. (2019). Identifikasi Formalin Pada Ikan Laut Yang Dijual Di Pasar Antri Cimahi. Jurnal TEDC, 11(2), 126-130.

Tampubolon, Y. N. N. (2019). Analisa Kadar Formalin pada Ikan Asin yang diperjualbelikan di pusat pasar Medan dengan Variasi Suhu Perendaman.

Wulandari, D. A. (2018). Morfologi Klasifikasi dan Sebaran Cumi-Cumi Famili Lolinginidae,. Journal Oseana, Volume XLIII, No 2: 48-65 ISSN 0216-1877.

Published

2024-09-06

How to Cite

Putri, S. K., Rahmayanti, R., & Muna, N. R. . (2024). IDENTIFIKASI FORMALIN PADA BABY CUMI (Loligo sp) KERING . JoMLaT (Journal of Medical Laboratory Technology), 1(2), 19–23. Retrieved from https://journal.poltekkesaceh.ac.id/index.php/jomlat/article/view/592

Issue

Section

Articles