Gambaran Kepuasan Pasien Ditinjau Dari Sikap Perawat Gigi Dalam Memberikan Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Di Puskesmas Ujong
DOI:
https://doi.org/10.30867/nasuwakes.v15i1.440Keywords:
Kepuasan pasien; sikap dan tindakan; Puskesmas Ujong FatihahAbstract
Pelayanan kesehatan merupakan salah satu bidang pelayanan publik bagian dari pembangunan nasional. Puskesmas adalah salah satu ujung tombak dari pelayanan dan pembangunan kesehatan di Indonesi. Perawat gigi merupakan salah satu tenaga kesehatan yang bertugas dalam fasilitas kesehatan. Pelayanan kesehatan gigi dan mulut adalah suatu bentuk pelayanan kesehatan yang diberikan oleh perawat gigi kepada pasien di bagian poligigi. Banyak atau tidaknya pasien yang berkunjung kesalah satu fasilitas kesehatan tersebut adalah salah satu yang tergantung kepada kepuasan terhadap pelayanan kesehatan baik dari sikap maupun tindakan yang diterima dari tenaga kesehatan. Hasil wawancara awal pada sembila orang pasien, ternyata 5 orang di antaranya menyatakan pelayanan di poligigi puskesmas Ujong Fatihah masih kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien ditinjau dari sikap dan tindakan perawat gigi dalam memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut poli gigi puskesmas Ujong Fatihah Kecamatan Kuala Tahun 2019. Penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh pasien yang berkunjung ke puskesmas Ujong Fatihah Kecamatan Kuala. Sampel pada penelitian ini 30 orang yang berkunjung ke poli gigi. Hasil penelitian menyatakan bahwa tingkat kepuasan pasien tentang sikap perawat gigi tidak puas sebanyak 18 orang (60%) dan 12 Orang yang puas (40%). Kesimpulannya yang didapat menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien ditinjau dari sikap dan tindakan perawat gigi dan mulut dalam memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di puskesmas Ujong Fatihah Kecamatan Kuala Nagan Raya tidak sesuai dengan keinginan pasien. Disarankan untuk tenaga kesehatan gigi agar dapat bersikap dan bertindak sesuai kompetensi sebagai perawat gigi
References
Depkes RI, 2009. Rencana Pembangunan Jangka Panjang Kesehatan 2005-2025, Jakarta Hal. 9
Zulkifli M, Andi Y, dan Muhammad. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Puskesmas. Jurnal
Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 2021; 10 nomor 2, DOI 10.35816/jiskh.v10i2.657
Nurhaeni, Nurhaeni, Nurwiyana Abdullah, and Atmajati Sri Multi. "Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan
Poli Gigi di Puskesmas." Media Kesehatan Gigi: Politeknik Kesehatan Makassar 21.1 (2022): 18-28.
Aditama T.Y. 2006. Tuberkulosis, Rokok, dan Perempuan. Jakarta : Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas
Indonesia, pp: 26-40.
Kemenkes, R. I. "Riset kesehatan dasar tahun 2013." Jakarta: kemenkes RI (2013).
Suryani, Wan. "Pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap pada rumah sakit umum Pirngadi
Medan." Jurnal Implementasi Ekonomi dan Bisnis 4.1 (2015): 819-838.
Fardhani, Harentama, and Mudji Rahardjo. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan masyarakat
pada pelayanan badan pelayanan perijinan terpadu kota Semarang. Diss. UNIVERSITAS DIPONEGORO, 2011.
Purnama, T., Ngatemi, N., Sofian, R., Kasihani, N. N., RE, P. R., & Nurbayani, S.. Model 5 Days Gosgi sebagai upaya
pembentukan kemandirian menggosok gigi anak usia dini di sekolah. Quality: Jurnal Kesehatan, 14(1), (2020):19-
Iskandar, A. M., & Halim, H. Komunikasi Interpersonal Tenaga Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien.
Jurnal Ilmiah Umum dan Kesehatan Aisyiyah, 5(2), (2020): 96-102.