Edukasi Pentingnya Kebiasaan Makan Pagi dan Aktifitas Fisik di Masa New Normal Siswa Madrasah Tsanawiyah Durian Kawan Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan

Penulis

  • Fathimi Fathimi Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Yenni Sasmita Program Studi D-III Keperawatan Aceh Selatan Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Desriati Devi Program Studi D-III Keperawatan Aceh Selatan Poltekkes Kemenkes Aceh

DOI:

https://doi.org/10.30867/jeumpa.v1i2.116

Kata Kunci:

Physical activity, morning snack habits, learning achievement

Abstrak

ABSTRAK

Sumber Daya Manusia merupakan salah satu faktor utama dalam melaksanakan pembangunan nasional. Kesehatan dan gizi memegang peranan penting, seseorang sulit mengembangkan kapasitasnya secara maksimal apabila tidak memiliki status gizi yang optimal. Sumber daya manusia merupakan aset nasional mendasar dan faktor penentu keberhasilan pembangunan. Kualitas sumber daya manusia harus ditingkatkan sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan sumber daya manusia adalah melalui pendidikan. Keberhasilan pendidikan dipengaruhi oleh kesehatan dan gizi anak sekolah. Anak sekolah termasuk kelompok masyarakat yang mudah mengalami masalah gizi. Selain gizi pemicu lainnya adalah aktivitas fisik yang menjadi rutinitas siswa, aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur membantu melancarkan sirkulasi darah ke jaringan otak sehingga oksigen yang dibawa ke otak dapat maksimal, kondisi ini dapat meningkatkan kinerja otak dalam hal proses fikir, menyerap, mengingat dan konsentrasi. Metode yang digunakan dengan memberikan penyuluhan kesehatan. Penyuluhan berjalan dengan lancar, antusias siswa dan guru sangat baik.

 Kata kunci: Aktivitas fisik, Kebiasaan majan pagi, Prestasi belajar

Referensi

Annas M, (2011). https:// journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ miki/article/viewFile/2034/2148. Diakses tgl 14 April 2021.

Dyah K, (2018). https://www.orami.co.id/magazine/zat-gizi-yang-diperlukan-untuk-perkembangan-otak-anak/. Diakses tgl 26 April 2021.

Peraturan Pemerintah. No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional.

Rosyid MZ, Mustajab dan Abdullah AR, (2019). Prestasi Belajar, cetakan I: Literasi Nusantara.

Sa’adah, Rahmatina, Herman B dan Sastri S, (2014). Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Guguk Malintang Kota Padangpanjang. http://jurnal.fk.unand.ac.id/index.php/jka/article/view/176. Diakses tgl 26 April 2021.

Saidin (2008). Hubungan Kebiasaan makan PAgi dengan Konsentrasi Belajar. http://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Undergraduate-3429-Daftar%20pustaka.pdf. Diakses tgl 30 April 2021.

Shadrina (2017). Hubungan aktivitas fisik dengan prestasi akademik santri pondok pesantren x di Kabupaten Bogor. https:// repository.uinjkt.ac.id/ dspace/handle/ 123456789/ 37174. Diakses tgl 29 April 2021.

Subiono dan Zaeni, (2011). Kondisi Fisik dan Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus di Mts Al Asror). http://eprints.ums.ac.id/22216/14/ Naskah_Publikasi.pdf. Diakses tgl 29 April 2021.

Ahmadi dan Supriyono, (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Andriana M, (2016). Peranan Gizi dalam siklus Kehidupan, Penerbit Prenada Media.

Depkes RI, (2001). Gizi dan Kesehatan Masyarakat, Jakarta.

G. Kartasapoetra dan Marseto. (2002). Ilmu Gizi Korelasi Gizi, kesehatan, dan Produktivitas Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

I Dewa Nyoman Suparisa, bachyar Bakri, dan Ibnu Fajar. (2001). Penelitian Status Gizi. Jakarta: EGC.

Kusumawati S, (2020). Gizi Untuk Kecerdasan Otak, Penerbit Alprin.

Nugroho FT, (2020). Manfaat Melakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur.

Pirretta L, (2020). Makanan Untuk Otak, Jakarta: Erlangga.

Sjahmein Moehji. (2003). Ilmu Gizi dan Penanggulangan Gizi Buruk. Jakarta: Papas Sina Sinanti

Soeparwoto, (2006). Psikologi Perkembangan: Semarang, UPT UNNES Press.

Suhardjo, (1996). Perencanaan Pangan dan Gizi.

Sunita Almatsier. (2001). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

File Tambahan

Diterbitkan

09/05/2022 — Diperbaharui pada 09/08/2022

Versi

Cara Mengutip

Fathimi, F., Sasmita, Y. ., & Devi, D. . (2022). Edukasi Pentingnya Kebiasaan Makan Pagi dan Aktifitas Fisik di Masa New Normal Siswa Madrasah Tsanawiyah Durian Kawan Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan. JEUMPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 39–44. https://doi.org/10.30867/jeumpa.v1i2.116 (Original work published 5 September 2022)

Terbitan

Bagian

EDISI