Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Kader UKS Dalam Penanganan Kegawatdaruratan Dasar Di SMAN 1 Tapaktuan

Penulis

  • Hilma Yasni Poltekkes Kemenkes Aceh
  • T.Cut Lizam Prodi DIII Keperawatan Aceh Selatan
  • Heriyandi Prodi DIII Keperawatan Aceh Selatan

DOI:

https://doi.org/10.30867/jeumpa.v1i2.134

Kata Kunci:

Kader UKS, Kegawat Daruratan Dasar

Abstrak

ABSTRAK

Masa remaja merupakan masa yang penuh dengan tekanan atau stress dikarenakan ketegangan emosi yang meningkat akibat perubahan fisik dan hormon, dimana juga ditandai dengan adanya pertumbuhan fisik, pengembangan kepribadian, kebutuhan untuk pencapaian kedewasaan, kemandirian, serta adaptasi antara peran dan fungsi dalam kebudayaan dimana ia berada. Remaja mengalami masa-masa pergolakan emosi yang muncul dari berbagai bentuk seperti hubungan dalam keluarga, lingkungan di tempat tinggal, lingkungan sekolah dan hubungan pertemanan sebaya dan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan yang ingin dicapai dari penyuluhan ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada kader UKS SMA Negeri I Tapaktuan tentang konsep Kegawatdaruratan dasar. Hasil kegiatan penyuluhan ini yang dilaksanakan dalam dua tahap dengan peserta kader UKS SMA Negeri I Tapaktuan. Setelah kegiatan ini dilakukan tampak Kader UKS mengerti dan ikut berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan penyuluhan. Siswa dan Siswi mendapatkan pengetahuan tentang Kegawatdauratan dasar pada Kader UKS sehingga diharapkan siswa dan siswi dapat menjaga dan meningkatkan pengetahuan dibidang kegawatdaruratan dasar.

 

Kata kunci: Kader UKS, Kegawat Daruratan Dasar

Referensi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2012). Buku Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. http://www.mebermutu.org/Admin/Lampiran/Pedoman-Pembinaan-Uks.Pdf

Morton, M. Lou, & Bennett, S. (2010). P Reservice P Rimary S Chool T Eachers ’. Scaffolding Culturally Relevant Pedagogy: Preservice Teachers in an Urban University/School Collaboration, 4(February), 139–150. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.

Nuraskin, C. A., Reca, Wirza, A. M., Suhendra, R., Faisal, I., Salfiyadi, T., & Mutia, C. (2021). Effectiveness of Guava Leaf Steep water against the bacterial growth of S. Mutans with Microdillution Method. Research Journal of Pharmacy and Technology, 14(11), 5745–5748. https://doi.org/10.52711/0974-360X.2021.00999

Nurul Yusna, Teuku Salfiyadi, C. S. M. (2022). Edukasi Penggunaan Masker Pada Pasien Yang Berkunjung Ke Rumah Sakit dr . Zainal Abidin Kota Banda Aceh. 1(1), 1–6.

Salfiyadi, cut aja, R. (2022). Kinerja, Optimalisasi Pengelola, Guru Uks, Program Budaya, Peningkatan Sekolah, Organisasi Nilai, D A N Guru, Spiritual Dasar, Sekolah. DINAMIKA GOVERNANCE, 12(01), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.33005/jdg.v12i1.2961

Salfiyadi, T. (2019). Optimalisasi Kinerja Guru. 9–25.

Salfiyadi, T., Hanum, L., & Nuraskin, C. A. (2022). Status Kebersihan Gigi Dan Mulut Dengan Gingivitis Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Simpang Tiga Aceh Besar Tahun 2022. 40–44.

Salfiyadi, T., & Nuraskin, C. A. (2022). Development Of Health Education Management Models In Elementary Schools. 12(02), 221–226.

Sari, I. P. T. P. (2013). Pendidikan Kesehatan Sekolah Sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2), 141–147. https://doi.org/10.21831/JPJI.V9I2.3017

File Tambahan

Diterbitkan

09/05/2022 — Diperbaharui pada 09/08/2022

Versi

Cara Mengutip

Yasni, H., T.Cut Lizam, & Heriyandi. (2022). Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Kader UKS Dalam Penanganan Kegawatdaruratan Dasar Di SMAN 1 Tapaktuan. JEUMPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 51–54. https://doi.org/10.30867/jeumpa.v1i2.134 (Original work published 5 September 2022)

Terbitan

Bagian

EDISI