Pelatihan Kader dalam Penggunaan Media Trifold Display Board 3D sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Menggosok Gigi bagi Anak Usia Dini di Desa Patumbak I Deli Serdang
DOI:
https://doi.org/10.30867/jeumpa.v2i1.237Kata Kunci:
Media Sosial, Musik, Motivasi menyikat gigiAbstrak
Masalah kesehatan gigi dan mulut yang banyak dijumpai adalah karies gigi. Data WHO menunjukkan bahwa 90% anak mengalami karies. Hasil Riskesdas (2018), menunjukkan dari 34 provinsi, 21 provinsi memiliki masalah kesehatan gigi termasuk Provinsi Sumatra Utara. Perilaku menggosok gigi yang benar frekuensi dan waktunya hanya sebesar 2.8%. Anak usia 5 tahun memiliki angka pengalaman karies gigi (dmft) ≥6 sebesar 67.3%. Target Kementerian Kesehatan Indonesia bebas karies tahun 2030. Upaya pencegahan penyakit gigi dan mulut dilakukan program usaha kesehatan gigi masyarakat (UKGM) yang memberikan pelayanan promotif dan preventif. Menurut Notoadmojo (2012), perilaku berpengaruh 30%-35% terhadap derajat kesehatan. merubah perilaku dapat dilakukan melalui pendidikan kesehatan gigi dengan berbagai metode dan media yang menyenangkan, menghibur serta menarik perhatian, serta dapat membantu dan mempercepat proses pemahaman anak terhadap susbstansi materi. Berdasarkan hasil Penelitian Sofia dkk, menunjukkan bahwa Penggunaan Trifold Display Board 3D efektif mempengaruhi pengetahuan dan keterampilan menggosok gigi, sebagai sampel adalah Kader kesehatan yang berjumlah 40 orang, Metode yang digunakan yaitu Pelatihan kader dalam penggunaan media Trifold Display 3D, selanjutnya kader yang sudah dilatih melanjutkan mempromosikan pengetahuan tentang bagaimana menggosok gigi yang baik dan benar ke masyarakat dalam hal ini anak-anak di desa Patumbak I selama 1 bulan, Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan pada Kader, Pengetahuan serta status kebersihan gigi anak-anak di desa Patumbak I juga meningkat, akhirnya diharapkan bisa menekan jumlah karies gigi pada anak-anak.
Referensi
Amdestiana, EAB. 2017. Peningkatan Tanggung Jawab dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Struktur Bumi dan Matahari Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbantu Media Pop Up Book Kelas V SD Negeri Pangebatan. Universitas Muhammdiyah Purwokerto. Purwokerto. http://repository.ump.ac.id/4111/. Diakses tanggal 20 Desember 2017.
Aprilaz, I. (2016). Perbandingan Efektivitas Antara Metode Video Dan Cerita Boneka Dalam Pendidikan Seksual Terhadap Pengetahuan Anak Prasekolah Tentang Personal Safety Skill.
Carneiro, L., Kabulwa, M., Makyao, M., Mrosso, G., Choum R.(2011).Oral Health Knowledge and Practices of Secondary School Students, Tanga, Tanzania. International Journal of Dentistry. Vol 2011: 1.
Dwi, R. 2017. Efektivitas Media Pop Up Card terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Usia 8-9 Tahun. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas Padang. Padang. http://scholar.unand.ac.id. Diakses tanggal 9 Mei 2018.
Fierda Zahara Jannah, Vina Serevina, I Made Astra.”Pengembangan Media Pembelajaran Poster Fisika Fluida Statis Berbasis Lingkungan Dalam Bentuk Poster Photoscrap”. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2016, VOLEME V, Oktober 2016, P-ISSN: 2339-0654 EISSN: 2476-9398
Razi, P., & Rosmawati, R. (2018). Perbandingan efektivitas edukasi kesehatan gigi dengan metode bermain, video dan boneka dalam meningkatkan keterampilan menyikat gigi pada anak usia dini. Jurnal Bahana Kesehatan Masyarakat (Bahana of Journal Public Health), 2(2), 101-106.
Rizawayani, Sri Adelila Sari, Rina Safitri. ”Pengembangan Media Poster Pada Materi Struktur Atom Di SMA Negeri 12 Banda Aceh”. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol.05.No.01.hlm 127-133-2017.Http://Jurnal.Unsyiah,Ac,Id/Jpsi
Santoso, B., Ningtyas, E., Aryati, E., & Fatmasari, D. (2017). Improving Elderly's Dental Hygiene Through Nursing Home Staff's Dental Health Education at the Nursing Home. KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 12(2), 189-198.
Sari, D. R., Ramdan, I. M., & Hidayat, F. R. (2015). Perbandingan Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Cara Menyikat Gigi Antara Metode Simulasi dan Menonton Video terhadap Keterampilan Menyikat Gigi pada Murid TK B di TK It As-Salam Kecamatan Palaran, Kota Samarinda
Shalwa, Entin daningsih, Laili Yeni. ”Pembuatan Poster Keanekaragaman Fitoplankton Di Danau Biru Singkawang Pada Sub Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA”.Universits Tanjungpura Pontianak.2015.
Siregar, A. dan Rahma, E. 2016. Model Pop Up Book Keluarga untuk Mempercepat Kemampuan Membaca Anak Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan. Vol 5. No 1. Jurnal FBS Universitas Padang
Sri maiyena, “pengembangan media poster berbasis pendidikan karakter untuk materi global warming”, jurnal materi dan pembelajaran fisika (JMPF), volume3 nomor 1 2013 ISSN : 2089- 615 36 biasanya mudah sobek, artinya gangguan mekanis tinggi, sehingga informasi yang diterima tidak lengkap
Taftazani, Rieza Zulfahmi, Rismayani.2015. Analysis Of UKGS Program In Puskesmas Halmahera 2015. Jurnal Kesehatan Gigi. 25-31
Widowati, TT. 2013. Perencanaan Buku Pop up sebagai Media Promosi Kesehatan Gigi, Mulut, dan Kulit Tangan untuk Anak Usia Pra Sekolah Oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo. Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, (Jakarta: Prenadamedia Group. 2015), h. 215.
Yunus Sulistyono. “Penyusunan Media Pembelajaran Poster Berbasis Teks: Studi Kasus Media Pembelajaran Poster Karya Mahasiswa Semester 5 Pendidikan Bahasa Indonesia UMS”. Varia Pendidikan. Vol.2, No 2, Desember 2015: 208- 215
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ety Sofia Ramadhan, Adriana Hamsar, Herlinawati Herlinawati, Asmawati, Kartika Emailijati, Nurhamidah (Penulis)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.