Implementasi Konsep Manajemen Pendidikan Kesehatan pada Santri di Yayasan Ma’had Darul Tahfizh Al-Ikhlas
DOI:
https://doi.org/10.30867/jeumpa.v1i2.123Kata Kunci:
Manajemen, Pendidikan, KesehatanAbstrak
ABSTRAK
Pendidikan kesehatan di sekolah bertujuan mendorong kemandirian siswa untuk hidup sehat, memelihara dan meningkatkan kesehatan individu maupun keluarga. Perencanaan manajemen pendidikan kesehatan bagi siswa yang melibatkan stakeholder serta komite sekolah dalam menyusun program pendidikan kesehatan sekolah bagi siswa. Pelaksanaan manajemen pendidikan kesehatan melibatkan semua elemen sekolah yang berperan dalam menciptakan kegiatan kesehatan bagi siswa yang efektif dan efesien. Pembinaan ini melalui tindakan promotif dan preventif. Penilaian manajemen pendidikan kesehatan berbentuk dari rangkaian kegiatan siswa serta peran aktif dalam membangun pehamaman siswa dalam bidang kesehatan anak usia sekolah. Kegiatan pengabdian yang dilakukan dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada guru dan siswa dalam menyusun perencanaan kegiatan pendidikan kesehatan secara baik. Kesimpulan Pengabdian kepada masyarakat dalam hal ini pengelola dan satri di Yayasan Ma’had Darul Tahfizh Al-Ikhlas bias memberikan kontribusi dalam pengembangan model manajemen pendidikan kesehatan, mengacu pada program pemerintah yaitu Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam berperilaku hidup bersih dan sehat sehingga kedepan nya sekolah akan melahirkan generasi yang cerdas dan sehat. Sebagai suatu penelitian sistematis pada proses desain, pengembangan dan evaluasi dengan tujuan membangun sebuah dasar empiris untuk penciptaan model seharusnya menjadi prioritas utama para peneliti di biadang pendidikan.
Kata kunci: Manajemen, Pendidikan, Kesehatan
Referensi
Ayuningtyas, D., Misnaniarti, M., & Rayhani, M. (2018). Analisis Situasi Kesehatan Mental Pada Masyarakat Di Indonesia Dan Strategi Penanggulangannya. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.26553/jikm.2018.9.1.1-10
Becker, F. G., Cleary, M., Team, R. M., Holtermann, H., The, D., Agenda, N., Science, P., Sk, S. K., Hinnebusch, R., Hinnebusch A, R., Rabinovich, I., Olmert, Y., Uld, D. Q. G. L. Q., Ri, W. K. H. U., Lq, V., Frxqwu, W. K. H., Zklfk, E., Edvhg, L. V, Wkh, R. Q., … فاطمی, ح. (2015). Kesehatan Masyarakat. Syria Studies, 7(1), 37–72. https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625
Borg, Walter, R., Gall, & Meredith, D. (1989). Educational Research.pdf.
Caldwell, B. J. (2005). School Based Managenent. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000141025
Gitlin, M. C. (2003). Strategic planning, operations management, and fiscal analysis and control: Organizational imperatives. Pain Medicine, 4(4), 308–310. https://doi.org/10.1111/j.1526-4637.2003.03050.x
Karasimopoulou, S., Derri, V., & Zervoudaki, E. (2012). Children’s perceptions about their health-related quality of life: Effects of a health education-social skills program. Health Education Research, 27(5), 780–793. https://doi.org/10.1093/her/cys089
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2012). Buku Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. http://www.mebermutu.org/Admin/Lampiran/Pedoman-Pembinaan-Uks.Pdf
Mulyawati, I., Kuswardinah, A., & Yuniastuti, A. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Keamanan Jajanan terhadap Pengetahuan dan Sikap Anak. Public Health Perspective Journal, 2(1), 1–8.
Mustari, M., Ph, D., Rahman, M. T., & Ph, D. (2014). Manajement Pendidikan. In RajaGrafika Persada.
Salfiyadi, cut aja, R. (2022). Kinerja, Optimalisasi Pengelola, Guru Uks, Program Budaya, Peningkatan Sekolah, Organisasi Nilai, D A N Guru, Spiritual Dasar, Sekolah. DINAMIKA GOVERNANCE, 12(01), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.33005/jdg.v12i1.2961
Salfiyadi, T. (2019). Optimalisasi Kinerja Guru. 9–25.
Sari, I. P. T. P. (2013). Pendidikan Kesehatan Sekolah Sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2), 141–147. https://doi.org/10.21831/JPJI.V9I2.3017
Silalahi, A. (2018). Development Research (Penelitian Pengembangan) dan Research & Development (Penelitian & Pengembangan) Dalam Bidang Pendidikan/Pembelajaran. Research Gate, June, 1–13. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.13429.88803/1
Taufiq, A. (2014). Hakikat Pendidikan di Sekolah Dasar. Pendidikan Anak Di SD, 1(1), 1–37. http://repository.ut.ac.id/4122/1/PDGK4403-M1.pdf
File Tambahan
Diterbitkan
Versi
- 09/08/2022 (2)
- 09/05/2022 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Teuku Salfiyadi (Penulis); Elfi Zahara, Abdurrahman, Nurdin, Ainun Mardiah (Penerjeman)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.