Optimasi Tablet Levofloksasin Immediate Release Menggunakan Disintegran Sodium Starch Glycolate (SSG) dan Pengisi Laktosa dengan Metode Simplex Lattice Design (SLD)

Authors

  • Shesanthi Citrariana Universitas Palangka Raya
  • Akhmad Kharis Nugroho
  • Yahya Febrianto
  • Defilia Anograh Riani

DOI:

https://doi.org/10.30867/jifs.v3i2.459

Keywords:

optimasi, tablet, levofloksasin, sodium starch glycolate

Abstract

Levofloksasin adalah antibiotik yang digunakan dalam terapi utama infeksi paru, juga merupakan sediaan farmasi yang memiliki penerimaan yang baik oleh pasien. Tablet immediate release memerlukan super disintegran yang merupakan eksipien dalam formulasi, perbedaan eksipien yang digunakan dapat memengaruhi bioperformance dari tablet. Optimasi formula digunakan sebagai metode untuk menentukan komposisi eksipien dalam formula. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan optimasi formula tablet levofloksasin dengan metode simplex lattice design menggunakan sodium starch glycolate sebagai superdisintegran. Pembuatan tablet dilakukan dengan proses granulasi basah dan dikempa kemudian dilakukan pengujian sifat fisik berupa kekerasan, kerapuhan, waktu hancur dan disolusi efisiensi pada waktu ke 60 menit. Optimasi nilai prediksi dilakukan dengan cara observasi dan dibandingkan nilai responnya menggunakan one sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa perbedaan nilai SSG terlihat signifikan pada waktu hancur dengan nilai p<0,05 (0,0056). Hasil formula optimal dengan nilai desirability 0,811 berada pada komposisi SSG sebanyak 8mg/tablet. Pengujian konfirmasi memberikan hasil bahwa antara nilai prediksi vs observasi memberikan nilai yang tidak berbeda p>0,05. Dapat disimpulkan bahwa tablet levofloksasin yang diformulasikan memberikan nilai yang memnuhi kriteria baik sifat fisik dan efisiensi disolusi.

Downloads

Published

29-12-2023

How to Cite

Shesanthi Citrariana, Akhmad Kharis Nugroho, Yahya Febrianto, & Defilia Anograh Riani. (2023). Optimasi Tablet Levofloksasin Immediate Release Menggunakan Disintegran Sodium Starch Glycolate (SSG) dan Pengisi Laktosa dengan Metode Simplex Lattice Design (SLD). JURNAL ILMIAH FARMASI SIMPLISIA, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.30867/jifs.v3i2.459

Issue

Section

Original Research