Pengobatan Tradisional Menggunakan Media Daun Sirih

Authors

  • Rama Mutiara Rama Universitas Abulyatama

DOI:

https://doi.org/10.30867/nasuwakes.v17i1.524

Keywords:

Daun Sirih; Makna; Pengobatan Tradisional

Abstract

Pengobatan Tradisional menggunakan media daun sirih merupakan bagian dari kebudayaan masyarakat Madura. Salah satu tradisi yang masih dilakukan masyarakat Madura di Desa Wajok Hilir adalah pengobatan tradisional dengan menggunakan daun sirih atau dalam kalangan Madura disebut pengobatan tradisional asempur. Akar permasalahan dalam penelitian ini, masih banyak tradisi pengobatan tradisional tersebut yang digunakan oleh masyarakat Madura akan tetapi terdapat kurang pengetahuan generasi saat ini akan makna simbolik yang terkandung dalam pengobatan tradisional tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengobatan tradisional menggunakan daun sirih sudah ada sejak lama di Mustakim, Arkanudin , Pabali Musa. Pengobatan Tradisional Menggunakan Media Daun Sirih pada Etnis Madura di Desa Wajok Hilir Kecamatan Siantan Kabupaten Mempawah 11 pulau Madura Jawa Timur. Asal usul pengobatan tradisional ini bermula dari kisah nabi Musa AS yang menderita penyakit begitu lama sehingga mendapatkan petunjuk dari Allah SWT untuk mengobati penyakitnya dengan menggunakan daun sirih yang mempunyai makna yang terkandung didalamnya. Faktor-faktor masyarakat Madura menggunakan pengobatan tradisional daun sirih antara lain faktor ekonomi, faktor waktu, dan faktor praktis.

Author Biography

Rama Mutiara Rama, Universitas Abulyatama

  1.  

References

Agoes, Aswar., & T. Jacob. 1992. Antropologi Kesehatan Indonesia. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Barth. 1988. Kelompok Etnik Dan Batasan nya. Jakarta: Universitas Indonesia Press. Berber, Athur Asa. 2005. Tanda-Tanda Dalam Kebudayaan Kontemporer. Jogjakarta: Tiara Wacana Jogja.

Bungin, Burhan. 2007. Analisis data penelitian kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Departemen Kes Rustandi. (1988). Aspek Pengobatan Tradisional di Jawa Barat dalam Prosiding Lokakarya Tentang Pengobatan Tradisional di Jawa Barat.

Foster, Anderson. 1986. Antropologi Kesehatan, Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Koentjaraningrat. 1974. Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia.

-. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

M. Nuh, Mochtaria. 2015. Etnik- Etnisitas Menuju Masyarakat Multikultural. Pontianak: Materi Ringkasan Perkuliahan.

Purwana, 2003. Konflik Antar Komunitas Etnis di Sambas,1999: Suatu Tinjauan Sosial Budaya. Yogyakarta: BHS Purnawa.

Sambas, Syukiadi. 2016.Antropologi komunikasi. Bandung: Pustaka Setia.

Sarwono, S. 1993. Sosiologi Kesehatan Beberapa Konsep Serta Aplikasi nya, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Djekky, R. Djoht. “Kebudayaan, Penyakit dan Kesehatan di Papua dalam Perspektif Antropologi Kesehatan” dalam Jurnal Antropologi Papua, Vol. II. No.4 November 2001. Jayapura. PSK-UNCEN

Downloads

Published

25-03-2024 — Updated on 23-08-2024

Versions

How to Cite

Rama, R. M. . (2024). Pengobatan Tradisional Menggunakan Media Daun Sirih. NASUWAKES: Jurnal Kesehatan Ilmiah, 17(1), 15–25. https://doi.org/10.30867/nasuwakes.v17i1.524 (Original work published March 25, 2024)

Issue

Section

Original research