Pengaruh Laboratorium Simulasi Terhadap Kompetensi Asuhan Persalinan Normal pada Mahasiswa Program Studi D-III Kebidanan Langsa

Authors

  • Cut Mutiah Dosen pada Prodi D-Ill Kebidanan Langsa, Politeknik Kesehatan Kemenkes Aceh, Aceh Besar

Keywords:

Laboratorium Simulasi, , Kompetensi, , Asuhan Persalinan Normal

Abstract

Minimnya lahan praktik dan fasilitas yang terbatas sehingga perlu upaya untuk mengatasi kesenjangan dan keterbatasan tersebut salah satunya dengan merancang laboratorium yang dapat disesuaikan dengan kondisi lingkungan yang seolah riil lahan praktik yang disebut Laboratorium Simulasi. sehingga pengalaman belajar yang lebih relevan. sehingga mahasiswa menjadi lebih kompeten dalam  memberikan asuhan. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh laboratorium simulasi terhadap kompetensi asuhan persalinan normal mahasiswa Program Studi D-III Kebidanan Langsa. Tempat Penelitian di Prodi Kebidanan Langsa dan STIKes Bustanul Ulum Langsa. Desain Penelitian adalah quasi experiment  pretest-posttest nonequivalent control group design. Terbagi dalam 2 kelompok intervensi laboratorium simulasi dan kontrol dengan laboratorium  konvensional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah total populasi berjumlah 64 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi menggunakan  daftar tilik dan kuesioner. Analisa data dengan menggunakan uji Independent T-Test. Hasil Penelitian sebagai berikut: kompetensi pretest kelompok intervensi yang kompeten 7 (20,0) sedangkan kelompok kontrol 6 (20,7). Terdapat peningkatan kompetensi pada kelompok intervensi yang kompeten 28 (80,0) dibandingkan kelompok kontrol 7 (24,1) dan bermakna secara signifikan p-value=0,000. Hasil OR menunjukkan laboratorium simulasi dapat meningkatkan peluang mahasiswa menjadi kompeten sebesar 12,57 (3,38-41,20). Kesimpulannya adalah laboratorium simulasi dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam Pelaksanaan Asuhan Persalinan Normal.

References

Kementerian Kesehatan RI. 2010. Standar Laboratorium Kebidanan Pendidikan Tenaga Kesehatan. Jakarta. Badan PPSDM Kesehatan Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan

Kementerian Kesehatan RI. 2013. Kurikulum D-III Pendidikan Tenaga Kesehatan; Jakarta. Badan PPSDM Kesehatan

HPEQ. Pemetaan Khalayak Bidang Kesehatan. www.kmshpeqnet/doc/komp42013.

IBI, AIPKIND. Standar Nasional Pendidikan Diploma III Kebidanan Indonesia 2012. http://www.kmshpeq.net/doc/

Rothgeb MK. Creating A Nursing Simulation Laboratory: A Literature Review. Journal of Nursing Education. 2008;47(11):489-94

USAID. Reference Manual for Simulation Laboratories in Midwifery Education Programmes. http://pdfusaidgov/pdf_docs/PA00JVHDpdf. 2011.

IBI, AIPKIND. Naskah Akademik Sistem Pendidikan Kebidanan di Indonesia. http://wwwkmshpeqnet/doc/naskah_akademik_pendidikan_kebidananpdf. 2012.

Akaike M, et all. Simulation-Based Medical Education In Clinical Skills Laboratory. The Journal of Medical Investigation. 2012;59(1, 2):28-35.

Mohamadirizi S, Fahami F, Bahadoran P, Ehsanpour S. The Effect Of Four-Phase Teaching Method On Midwifery Students’ Emotional Intelligence In Managing The Childbirth. Journal Of Education And Health Promotion. 2015;4.

Lateef F. Simulation-Based Learning: Just Like The Real Thing. Journal Of Emergencies, Trauma, And Shock. 2010;3(4):348.

Kementerian Kesehatan RI, Buku Saku Pelayanan Kesehatan Ibu di Fasilitas Kesehatan Dasar dan Rujukan, Pedoman Bagi Tenaga Kesehatan.2013

Utz Bettina, Kana T, Van Den Broek N. Practical Aspects Of Setting Up Obstetric Skills Laboratories–A Literature Review And Proposed Model. Midwifery. 2015;31(4):400-8.

Guilding C. Choose Your Own Story: Combining Interactive Voting Technology And High-Fidelity Patient Simulations In The Lecture Theatre, For Large Group Preclinical Medical Education. BMJ Simulation and Technology Enhanced Learning. 2016:bmjstel-2016-000106

Downloads

Published

01-03-2023

How to Cite

Mutiah, C. (2023). Pengaruh Laboratorium Simulasi Terhadap Kompetensi Asuhan Persalinan Normal pada Mahasiswa Program Studi D-III Kebidanan Langsa. NASUWAKES: Jurnal Kesehatan Ilmiah, 13(1), 1–7. Retrieved from https://journal.poltekkesaceh.ac.id/index.php/nasuwakes/article/view/282

Issue

Section

Original research