Pembelajaran Luring Dan Daring Terhadap Perkembangan Intelektual Anak Sekolah Dasar Negeri 53 Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.30867/nasuwakes.v17i2.279Keywords:
Pembelajaran Luring dan Daring; Perkembangan Intelektual; Anak Sekolah DasarAbstract
Pada tanggal 11 Maret 2020, WHO telah mengumumkan Covid-19 sebagai pandemik dunia dikarenakan penyebaran dan peningkatan jumlah kasusnya yang pesat, untuk meminimalisir penularan Covid-19 pada anak, maka pemerintah mengeluarkan kebijakan belajar di rumah melalui metode daring. Perkembangan intelektual anak sekolah dasar merupakan kemampuan penting yang berhubungan dengan tujuan belajar dan berorientasi pada kemampuan berpikir. Perubahan ditetapkannya pembelajaran dari rumah tentu menjadi kurang efektif jika dibandingkan dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara langsung melalui tatap muka antara guru dan siswa. Beberapa dampak yang ditimbulkan akibat proses belajar dari rumah diantaranya yaitu banyak siswa yang mengeluh tidak dapat memahami materi yang diajarkan oleh guru karena mereka tidak mendapatkan penjelasan secara langsung, pembelajaran menjadi kurang efektif, materi yang didapatkan anak sangatlah minim dan jauh dari acuan minimal yang seharusnya dicapai ketika pembelajaran berlangsung secara normal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran luring dan daring terhadap perkembangan intelektual Anak Sekolah Dasar Negeri 53 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analitik dengan pendekatan retrospektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara pembelajaran luring dengan pembelajaran daring terhadap perkembangan intelektual anak sekoloah dasar. Pembelajaran luring lebih baik diterapkan di tingkat sekolah dasar daripada pembelajaran daring, karena pembelajaran luring dapat memberikan pengalaman belajar secara komprehensif.
References
Gularso D, Suryantari H, Rigianti HA, Martono. Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Anak Usia Sekolah Dasar. J Pendidik Dasar Nusant. 2021;7(1):100-118. doi:10.29407/jpdn.v7i1.15890
Jati LTS, Sumarni W. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Pros Semin Nas Pascasarj. 2020;3(1):777-783. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/667/585
Remaja SKUSD, Indonesia., Remaja KKSKUSD. Pedoman pelayanan kesehatan anak usia sekolah dan remaja di masa pandemi Covid-19 : Jakarta : Kementerian Kesehatan, Subdirektorat Kesehatan Usia Sekolah Dan Remaja,; 2020.
Khurriyati Y, Setiawan F, Mirnawati LB. Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Mi Muhammadiyah 5 Surabaya. J Ilm Pendidik Dasar. 2021;8(1):91. doi:10.30659/pendas.8.1.91-104
Bujuri DA. Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan). 2018;9(1):37. doi:10.21927/literasi.2018.9(1).37-50
Kementerian Kesehatan RI. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease (Covid 19). In: Aziza dr. L, ed. Sub Direktorat Penyakit Infeksi Emerging, Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan RI. Jalan H.R. Rasuna Said Blok X5 Kav. 4-9 Gedung A Lantai 6, Jakarta Selatan 12950 T; 2020.
Wahyudi A, Yulianti Y. Studi Komparasi: Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring dan Luring di UPT SDN X Gresik. J Basicedu. 2021;5(5):4292-4298. doi:10.31004/basicedu.v5i5.1555
Yulianti K, Utomo U. Perbandingan Implementasi Pembelajaran Daring dan Luring di Sekolah Dasar. J Basicedu. 2022;6(2):2410-2418.