Pengaruh Edukasi Gizi tentang Bekal Sehat Bergizi dengan Media Video Terhadap Pengetahuan Siswa

Authors

  • Intan Laisani Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Junaidi Junaidi Poltekkes Kemenkes Aceh

DOI:

https://doi.org/10.30867/nasuwakes.v16i2.426

Keywords:

bekal; pengetahuan; video

Abstract

Bekal makanan untuk mencukupi kebutuhan gizi anak dan untuk menghindari anak agar tidak jajan makanan sembarangan yang belum tentu sehat. Pemberian edukasi gizi dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai media seperti media auditif, visual, dan audiovisual. Untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi tentang bekal sehat bergizi dengan media video terhadap pengetahuan siswa di SD Negeri 62 Banda Aceh Penelitian ini menggunakan jenis desain secara Quasi Experiment dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan yang digunakan yaitu pendekatan Pretest dan Posttest. Hasil penelitian kemudian dianalisis dengan uji T-test dependent. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan pada siswa sebelum dilakukan edukasi yaitu 8,55 dan skor rata-rata pengetahuan pada siswa setelah dilakukan edukasi yaitu 10,97, adanya peningkatan pengetahuan pada siswa sesudah edukasi dengan selisih nilai 2,421. Ada pengaruh edukasi Bekal sehat bergizi dengan menggunakan media video terhadap pengetahuan siswa di SD Negeri 62 Banda Aceh.

References

Rahmawati T, Marfuah D. Efektivitas Edukasi Gizi terhadap Sedentary Lifestyle pada Anak Gizi Lebih. Profesi

(Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian. 2022;19(2):158–66.

Rohmah N, Subirman, Iriyani. Pendidikan Gizi Anak Sekolah Dasar Pada Daerah Hutan Hujan Tropis Kalimantan

Timur. Higiene. 2016;2(3):122–5.

Ronitawati P, Sitoayu L, Nuzrina R, Melani V. Edukasi Bekal Sehat Berdasarkan Prinsip Gizi Seimbang Dengan

Media " Isi Bekalku " Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Masyarakat Mandiri. 2020;4(3):407–14.

Masrikhiyah R. Peningkatan Pengetahuan Ibu Mengenai Gizi Seimbang dalam Pemenuhan Gizi Keluarga.

Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2020;4(3):476–81.

Ronitawati P, Sitoayu L, Nuzrina R, Melani V, Prabowo MDY, Budiarti T, et al. Edukasi Bekal Sehat berdasarkan

Prinsip Gizi Seimbang dengan Media" Isi Bekalku" pada Siswa Sekolah Dasar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri).

;4(3):407–14.

Dini NI, Pradigdo SF, Suyatno S. Hubungan Konsumsi Makanan Jajanan terhadap Status Gizi (Kadar Lemak

Tubuh Dan IMT/U) pada Siswa Sekolah Dasar (Studi di Sekolah Dasar Negeri 01 Sumurboto Kota Semarang).

Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2017;5(1):301–6.

Insani A. Pemenuhan Asupan Gizi Anak melalui Bekal Makanan Sehat bagi Kesehatan Anak Usia Dini. Journal of

Innovation Research and Knowledge. 2022;2(3):843–8.

Nugroho KPA, Sanubari TPE, Rosalina S. Gambaran Tingkat Asupan Gizi Anak Sekolah Dasar Negeri 06 Salatiga.

Jurnal Kesehatan Kusuma Husada. 2019;94–101.

Kemenkes RI. Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan

Kementerian Kesehatan RI ; 2018.

Mulyawati I, Kuswardinah A, Yuniastuti A. Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Keamanan Jajanan terhadap

Pengetahuan dan Sikap Anak. Public Health Perspective Journal. 2017;2(1).

Mulyawati I, Kuswardinah A, Yuniastuti A. Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Keamanan Jajanan terhadap

Pengetahuan dan Sikap Anak. Public Health Perspective Journal. 2017;2(1).

Suliha. Pendidikan Kesehatan dalam Keperawatan. Jakarta: EGC; 2017.

Martony O. Pengetahuan dan Sikap Anak tentang Makanan Jajanan Sehat melalui Permainan Ular Tangga. 2020;

Sari IPTP. Pendidikan Kesehatan Sekolah sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani

Indonesia. 2013;9(2).

Nugroho FA, Kusumastuty I, Prihandini ZP, Cempaka AR, Ariestiningsih AD, Handayani D. Pemanfaatan Video

Edukasi dalam Perbaikan Pengetahuan Gizi pada Remaja. Smart Society Empowerment Journal. 2021;1(3):76–80.

Imran FA, Hasnah H. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan melalui Media Video terhadap Peningkatan Pengetahuan

Remaja Putri tentang Dampak Abortus Provokatus Kriminalis di Kelas X SMAN 2 Gowa. Jurnal Kesehatan.

;10(2):61–7.

Asyhar R. Kreatif mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press; 2011.

Waryana W, Sitasari A, Febritasanti DW. Intervensi Media Video Berpengaruh pada Pengetahuan dan Sikap

Remaja Putri dalam Mencegah Kurang Energi Kronik. AcTion: Aceh Nutrition Journal. 2019;4(1):58–62.

Hadi S. Efektivitas Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. In: Seminar

Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017. 2017. p. 96–102.

Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: EGC; 2017.

Eka SP, Meri N, Deswita D. Gambaran Pengetahuan Ibu tentang Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) pada Anak Usia 6-24 bulan. Holistik: Jurnal Kesehatan. 2019;13(3):201–6.

Azhar A. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada; 2006.

Contento IR. Nutrition Education: Linking Research, Theory, and Practice. 2007;

Tuzzahroh, Fatima, Soviana E, Sudaryanto R. Pengaruh Penyuluhan Gizi Seimbang dengan Media Video, Poster

dan Permainan Kwartet Gizi Terhadap Pengetahuan Gizi dan Status Gizi Siswa di Sekolah Dasar Negeri

Karangasem III Kota Surakarta. [Surakarta]: Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2015.

Sihotang H. Materi Pembelajaran Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: UKI Press; 2020.

Daryanto. Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera; 2011.

Downloads

Published

01-10-2023

How to Cite

Laisani, I., & Junaidi, J. (2023). Pengaruh Edukasi Gizi tentang Bekal Sehat Bergizi dengan Media Video Terhadap Pengetahuan Siswa . NASUWAKES: Jurnal Kesehatan Ilmiah, 16(2), 82–89. https://doi.org/10.30867/nasuwakes.v16i2.426

Issue

Section

Original research