Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 09/05/2022. Baca versi terbaru.

Implementasi Konsep Manajemen Pendidikan Kesehatan pada Santri di Yayasan Ma’had Darul Tahfizh Al-Ikhlas

Penulis

  • Teuku Salfiyadi Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Elfi Zahara Poltekkes Aceh
  • Abdurrahman Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Nurdin Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Ainun Mardiah Poltekkes Kemenkes Aceh

DOI:

https://doi.org/10.30867/jeumpa.v1i2.123

Kata Kunci:

Manajemen, Pendidikan, Kesehatan

Abstrak

ABSTRAK

Pendidikan kesehatan di sekolah bertujuan mendorong kemandirian siswa untuk hidup sehat, memelihara dan meningkatkan kesehatan individu maupun keluarga. Perencanaan  manajemen  pendidikan  kesehatan bagi siswa yang melibatkan stakeholder serta komite sekolah dalam menyusun program pendidikan kesehatan sekolah bagi siswa. Pelaksanaan manajemen pendidikan kesehatan melibatkan  semua  elemen  sekolah  yang  berperan  dalam menciptakan kegiatan kesehatan bagi siswa yang efektif dan efesien. Pembinaan  ini  melalui  tindakan  promotif dan preventif.  Penilaian manajemen pendidikan kesehatan berbentuk dari rangkaian kegiatan siswa serta peran aktif dalam membangun pehamaman siswa dalam bidang kesehatan anak usia sekolah. Kegiatan pengabdian yang dilakukan dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada guru dan siswa dalam menyusun perencanaan kegiatan pendidikan kesehatan secara baik. Kesimpulan Pengabdian kepada masyarakat dalam hal ini pengelola dan satri di Yayasan Ma’had Darul Tahfizh Al-Ikhlas bias memberikan kontribusi dalam pengembangan model manajemen pendidikan kesehatan, mengacu pada program pemerintah yaitu Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)  untuk  meningkatkan pengetahuan siswa dalam berperilaku hidup bersih dan sehat sehingga kedepan nya sekolah akan melahirkan generasi yang cerdas dan sehat. Sebagai suatu penelitian sistematis pada proses desain, pengembangan dan evaluasi dengan tujuan membangun sebuah dasar empiris untuk penciptaan model  seharusnya menjadi prioritas utama para peneliti di biadang pendidikan.

 Kata kunci: Manajemen, Pendidikan, Kesehatan

Referensi

Ayuningtyas, D., Misnaniarti, M., & Rayhani, M. (2018). Analisis Situasi Kesehatan Mental Pada Masyarakat Di Indonesia Dan Strategi Penanggulangannya. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.26553/jikm.2018.9.1.1-10

Becker, F. G., Cleary, M., Team, R. M., Holtermann, H., The, D., Agenda, N., Science, P., Sk, S. K., Hinnebusch, R., Hinnebusch A, R., Rabinovich, I., Olmert, Y., Uld, D. Q. G. L. Q., Ri, W. K. H. U., Lq, V., Frxqwu, W. K. H., Zklfk, E., Edvhg, L. V, Wkh, R. Q., … فاطمی, ح. (2015). Kesehatan Masyarakat. Syria Studies, 7(1), 37–72. https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625

Borg, Walter, R., Gall, & Meredith, D. (1989). Educational Research.pdf.

Caldwell, B. J. (2005). School Based Managenent. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000141025

Gitlin, M. C. (2003). Strategic planning, operations management, and fiscal analysis and control: Organizational imperatives. Pain Medicine, 4(4), 308–310. https://doi.org/10.1111/j.1526-4637.2003.03050.x

Karasimopoulou, S., Derri, V., & Zervoudaki, E. (2012). Children’s perceptions about their health-related quality of life: Effects of a health education-social skills program. Health Education Research, 27(5), 780–793. https://doi.org/10.1093/her/cys089

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2012). Buku Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. http://www.mebermutu.org/Admin/Lampiran/Pedoman-Pembinaan-Uks.Pdf

Mulyawati, I., Kuswardinah, A., & Yuniastuti, A. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Keamanan Jajanan terhadap Pengetahuan dan Sikap Anak. Public Health Perspective Journal, 2(1), 1–8.

Mustari, M., Ph, D., Rahman, M. T., & Ph, D. (2014). Manajement Pendidikan. In RajaGrafika Persada.

Salfiyadi, cut aja, R. (2022). Kinerja, Optimalisasi Pengelola, Guru Uks, Program Budaya, Peningkatan Sekolah, Organisasi Nilai, D A N Guru, Spiritual Dasar, Sekolah. DINAMIKA GOVERNANCE, 12(01), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.33005/jdg.v12i1.2961

Salfiyadi, T. (2019). Optimalisasi Kinerja Guru. 9–25.

Sari, I. P. T. P. (2013). Pendidikan Kesehatan Sekolah Sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2), 141–147. https://doi.org/10.21831/JPJI.V9I2.3017

Silalahi, A. (2018). Development Research (Penelitian Pengembangan) dan Research & Development (Penelitian & Pengembangan) Dalam Bidang Pendidikan/Pembelajaran. Research Gate, June, 1–13. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.13429.88803/1

Taufiq, A. (2014). Hakikat Pendidikan di Sekolah Dasar. Pendidikan Anak Di SD, 1(1), 1–37. http://repository.ut.ac.id/4122/1/PDGK4403-M1.pdf

File Tambahan

Diterbitkan

09/05/2022

Versi

Cara Mengutip

Salfiyadi, T., Zahara, E., Abdurrahman, Nurdin, & Ainun Mardiah. (2022). Implementasi Konsep Manajemen Pendidikan Kesehatan pada Santri di Yayasan Ma’had Darul Tahfizh Al-Ikhlas. JEUMPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.30867/jeumpa.v1i2.123

Terbitan

Bagian

EDISI

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>