Pengembangan Kurikulum 2013 Pada Guru Dalam Peningkatkan Mutu Pendidikan Pada MIN 13 Aceh Utara
DOI:
https://doi.org/10.30867/jeumpa.v1i2.133Kata Kunci:
Kurikulum 2013, Mutu PendidikanAbstrak
ABSTRAK
Pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis (1) implementasi kurikulum dalam peningkatan mutu lulusan, (2) strategi pembinaan guru mengimplementasikan kurikulum dalam peningkatan mutu lulusan, dan (3) faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 13 Aceh Utara menggunakan metode penelitian kulitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman, yang mencakup pengumpulan data, reduksi data, dan konklusi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi diwujudkan dengan siklus manajemen yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Fokus siklus itu pada peningkatan mutu lulusan. Kemudian untuk mencapainya dilakukan pembinaan guru melalui workshop, yang secara praktik di MIN 13 Aceh Utara. Pembinaan terbagi dua yakni pembinaan pusat yaitu dari Kemendikbud dan Kemenag, dan pembinaan mandiri yaitu dilakukan atas kebijakan kepala madrasah dengan mengundang pakar. Kemudian faktor pendukung ialah kualifikasi dan kompetensi guru yang sudah sesuau, serta motivasi guru mensukseskan program tersebut. Sedangkan faktor penghambat adalah belum maksimal sarana dan prasarana, dan kondisi real di lapangan yang kerap bersebrangan dengan kondisi ideal harapan pemerintah.
Kata kunci: Kurikulum 2013, Mutu Pendidikan
Referensi
Darmaji, D., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). Sistem Penjaminan Mutu Internalsekolah Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 3(3), 130–136. https://doi.org/10.17977/um025v3i32019p130
Forsberg, E., Nihlfors, E., Pettersson, D., & Skott, P. (2017). Codification of present swedish curriculum processes: Linking educational activities over time and space. In Educational Governance Research (Vol. 5). https://doi.org/10.1007/978-3-319-58650-2_11
Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 1018–1027. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.2061
Katuuk, D. A. (2014). Manajemen Implementasi Kurikulum: Strategi Penguatanimplementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 13–26. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.1858
Mario, P. (2013). Kurikulum 2013 , Guru , Siswa , Afektif , Psikomotorik , Kognitif. E-Journal Universitas Negeri Medan, 6, 17–29.
Mulyasa. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum Balibang Depdiknas, 4.
Salfiyadi, cut aja, R. (2022). Kinerja, Optimalisasi Pengelola, Guru Uks, Program Budaya, Peningkatan Sekolah, Organisasi Nilai, D A N Guru, Spiritual Dasar, Sekolah. DINAMIKA GOVERNANCE, 12(01), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.33005/jdg.v12i1.2961
Salfiyadi, T. (2017). Characteristics of Individuals and Workplace Conditions with Job Satisfaction Lecturer Health Polytechnic of Aceh. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 5(1), 37. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v5i1.117
Salfiyadi, T. (2019). Manajemen Pendidikan Kesehatan.
Setiadi, H. (2016). PELAKSANAAN PENILAIAN PADA KURIKULUM 2013 THE IMPLEMENTATION OF ASSESSMENT IN THE CURRICULUM 2013 Pendahuluan Pada tahun pelajaran 2014 / 2015 telah mulai diberlakukan Kurikulum 2013 di selu- ruh Indonesia yang merupakan pembaharu- an dan penyempurnaan Ku. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178.
Sulfemi, W. B. (2019). Manajemen Kurikulum Di Sekolah. Modul, 3.
Toenlioe, A. J. E. (2017). Pengem-bangan Kurikulum. Cetakan Ke-1. Bandung: PT Refika Aditama, 347. file:///E:/documents/Pengembangan Kurikulum _buku.pdf
File Tambahan
Diterbitkan
Versi
- 09/08/2022 (2)
- 09/05/2022 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Cut Fatma Hanum (Penulis); Cut Lisna Wati, Cut Sirri Mulyati, Teuku Salfiyadi (Penerjeman)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.