Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Jabon Kabupaten Jombang
DOI:
https://doi.org/10.30867/jifs.v3i2.493Keywords:
pelayanan kefarmasian, tingkat kepuasan, puskesmasAbstract
Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan upaya kesehatan, yang berperan penting dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Kepuasan pasien merupakan salah satu tujuan dari peningkatan mutu pelayanan kesehatan. Terpenuhinya standar dalam pelayanan kefarmasian diharapkan dapat memenuhi harapan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Jabon Kabupaten Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 270 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Pengumpulan data yang dilakukan pada bulan Mei dengan membagikan kuesioner kepada responden yang telah mendapatkan pelayanan kefarmasian. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dilihat dari 5 dimensi terdiri dari dimensi responsivenes dengan hasil persentase 73,58%, dimensi emphaty dengan hasil persentase 74,94%, dimensi assurance dengan hasil persentase 72,96%, dimensi reliability dengan hasil persentase 76,98%, dimensi tangibles dengan hasil persentase 70,73%. Sehingga persentase rata-rata tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Jabon Kabupaten Jombang berada pada kategori puas dengan persentase 73,46%.